Berita Mahfud MD soal Investor Asing Belum Masuk IKN: Cari Terus Mas Bahlil

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menanggapi pernyataan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia terkait tidak ada investor asing yang datang menanamkan modalnya di ibu kota nusantara (IKN).

Mahfud meminta Bahlil terus mencari investor asing untuk berinvestasi di IKN. Baginya, harus ada batas waktu bagi investor asing untuk masuk ke IKN setelah 17 Agustus 2024.

“Oooh, belum sampai ya? Cari terus Mas Bahlil. Setelah 17 Agustus harusnya jelas batas waktunya. Bisa 6 bulan, bisa 2 tahun, bahkan bisa juga entah kapan,” Mahfud cuitannya di akun Twitter @mohmahfudmd, Rabu (12/6).


Bahlil mengaku investor asing belum masuk ke IKN. Dia berdalih, belum masuknya investor asing karena pemerintah belum menyelesaikan pembangunan Kawasan Inti Pemerintahan Pusat (KIPP).

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Kalau ditanya kenapa tidak ada penanaman modal asing, desain kita adalah klaster pertama selesai pada lingkaran I (Kawasan Pusat Pemerintahan/KIPP IKN), kemudian penanaman modal asing masuk pada lingkaran II,” bantah Bahlil dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI. DPR RI di Jakarta Pusat, Selasa (11/6).

“Saat ini mereka (investor asing) belum bisa (berinvestasi di IKN) karena infrastruktur di lingkaran I belum siap 100 persen. Sekarang kita kebut,” imbuhnya.

Meski begitu, Bahlil mengakui progres pembangunan sarana dan prasarana di sana hampir selesai. Hal itu terlihat saat kunjungan ke IKN pekan lalu.

Pemerintah belakangan terus mendorong pengembangan IKN. Selain itu, Presiden Jokowi menargetkan bisa menyelenggarakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 pada Agustus 2024 di tempat itu.

(rzr/tidak)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);