Berita Mabes Polri Kerahkan 4.500 Aparat Jaga Forum Indonesia-Afrika di Bali

by


Jakarta, Pahami.id

Mabes Polri akan mengerahkan total 4.523 personel untuk memastikan kegiatan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Multi-Stakeholder Partnership Forum (HLF-MSP) 2024.

Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho menjelaskan, pengamanan kegiatan internasional akan dilakukan melalui Operasi Puri Agung II yang digelar di Bali.


“Operasi Puri Agung II 2024 dilaksanakan pada 31 Agustus hingga 4 September 2024,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (20/8).

Sandi mengungkapkan, dari total jumlah yang dikerahkan, sebanyak 1.459 anggota berasal dari Mabes Polri. Sedangkan sisanya, kata dia, anggota Polda Bali sebanyak 2.464 orang dan masing-masing 300 orang dari Jawa Timur (Jatim) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ia mengatakan, penempatan anggota Polda Jatim dan Polda NTB dilakukan karena keduanya merupakan daerah penyangga dari Bali sebagai lokasi utama kegiatan.

Sandi menambahkan, nantinya polisi juga akan bekerja sama dengan TNI, Paspampres, dan BNPT untuk memastikan terselenggaranya event internasional tersebut.

Polri mengamankan kedua acara tersebut agar dapat berjalan aman, lancar, dan dalam suasana kondusif. Selain itu, Polri juga bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Bali agar kondusif, jelasnya.

Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 akan diselenggarakan pada 1-3 September 2024 di Bali. Kementerian Luar Negeri menyebutkan IAF ke-2 tahun ini mengusung tema Bandung Spirit for Africa Agenda 2063.

Selain itu, IAF juga fokus membahas isu-isu terkait transformasi ekonomi, energi dan pertambangan, pangan, ketahanan kesehatan, dan kerja sama pembangunan. Penerapan IAF juga diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan global seperti konflik, penurunan ekonomi, dan perubahan iklim.

(tfq/anak-anak)