Berita Lolos Calon Independen, Dharma-Kun Wardhana Tak Gentar Lawan RK di DKI

by


Jakarta, Pahami.id

Sepasang calon gubernur dan wakil gubernur Dharma Pongrekun-Kun Wardana siap bertarung Ridwan Kamil setelah dinyatakan lolos sebagai calon independen pada Pilgub Jakarta 2024.

“Siap, siap. Ya mungkin bedanya mereka didukung partai, kalau kita perseorangan kita didukung rakyat langsung,” kata Kun kepada CNNIndonesia.comKamis (15/8).


Kun kemudian menganggap dirinya dan Dharma sebagai pejabat publik. Sedangkan Ridwan Kamil merupakan pengurus partai.

“Tapi apapun yang terjadi, kami siap menghadapinya,” ujarnya.

Kun mengatakan, dirinya kini fokus menyiapkan berbagai persyaratan teknis yang harus dipenuhi saat pendaftaran pilkada provinsi dibuka pada 27 Agustus mendatang.

Jika syarat itu diterima KPU, Kun mengaku akan langsung mendatangi basis massa pendukungnya. Ia juga akan terus bersatu dengan para relawan dan komunitas yang telah mendukungnya dalam mendaftar selama ini. Ia tak takut dengan siapa pun lawannya yang akan bertarung di Pilkada Jakarta nanti.

“Relawan kemarin memang banyak memberikan dukungan kepada kami. Kami akan perkuat,” ujarnya.

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta menyatakan pasangan Dharma Pongrekun – Kun Wardana memenuhi syarat untuk bersaing sebagai pasangan calon independen di Pilkada DKI Jakarta.

Hal itu diputuskan setelah pihaknya menggelar rapat paripurna untuk merumuskan kembali keputusan verifikasi fakta kedua.

“Pak Dharma Pongrekun dan Kun Wardana memenuhi syarat sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada 27 November,” kata Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata di Jakarta, Kamis (15/8).

Berdasarkan hasil verifikasi fakta kedua, data pendukung pasangan ini mencapai 826.766 yang lolos verifikasi administratif. Kemudian data yang memenuhi syarat sebanyak 494.467 dukungan dan data yang tidak memenuhi syarat sebanyak 332.299 dukungan.

Dharma Porengkun adalah pensiunan polisi. Beliau terakhir menjabat sebagai Kepala Analis Kebijakan di Lembaga Diklat Polri sebelum pensiun. Selain itu, ia pernah menjabat sebagai Wakil Kepala BSSN, dan Direktur Narkoba Bareskrim Polri. Sedangkan Kun Wardana merupakan dosen tetap Institut Sains dan Teknologi Nasional.

Sementara Ridwan Kamil merupakan calon yang diprediksi akan diusung Gabungan Indonesia Maju (KIM) plus pada Pilgub DKI Jakarta.

(rzr/fra)