Berita Listyo Minta Jajaran Polri Adaptasi Fenomena Citizen Journalism

by


Jakarta, Pahami.id

kepala Polisi Jenderal Listyo Sigit Prabowo memerintahkan seluruh jajaran Korps Bhayangkara beradaptasi dengan fenomena tersebut Jurnalisme Rakyat yang sedang berkembang.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Kompolnas-Polri di Discovery Hotel Ancol, Rabu (17/7).

Jenderal bintang empat itu mewanti-wanti jajarannya, saat ini penyebaran informasi sangat cepat. Oleh karena itu, ia berharap seluruh lapisan dapat beradaptasi untuk mampu menyikapi berbagai peristiwa yang terjadi di masyarakat.


“Karena menurut saya saat ini ini adalah fenomena komunitas di mana saya menjadi bagiannya jurnalisme warga. “Saya kira ini fenomena baru yang tentunya membuat Polri harus cepat beradaptasi,” jelasnya.

Di sisi lain, Sigit juga meminta seluruh jajarannya tidak menjadi organisasi yang menutup diri dari pihak yang memantau kinerja Polri.

Tegasnya, sikap terbuka dan tidak anti kritik sangat diperlukan bagi Korps Bhayangkara agar tidak mengalami stagnasi dan terus berbenah.

“Karena kami yakin kalau kita menutup diri, tidak membuka ruang bagi seluruh pengawas baik eksternal maupun komunitas, kita akan menjadi organisasi yang stagnan,” ujarnya.

Untuk itu, Sigit menilai pengawasan yang dilakukan berbagai pihak, mulai dari Kompolnas hingga masyarakat, bisa menjadi upaya perbaikan bagi Polri.

“Kami ingin Polri terus bergerak menuju organisasi yang modern. Dan kita berharap, dengan respon yang cepat, Polri semakin dicintai masyarakat,” ujarnya.

(tfq/anak-anak)