Berita Kunjungi Markas AU Korut, Kim Jong Un Serukan Siap Berperang

by

Jakarta, Pahami.id

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyerukan pasukannya untuk siap melawan segala “provokasi” yang dilakukan musuh.

Kantor berita Korea Utara, KCNA, melaporkan, seruan tersebut disampaikan Kim Jong Un pada Kamis (30/11) saat mengunjungi pangkalan angkatan udara Korea Utara.

Kim, menurut KCNA, meminta militer untuk meningkatkan kesiapan tempurnya dan “kemampuannya untuk berperang sepenuhnya.”


“Dia menetapkan kebijakan operasional dan taktis untuk melawan provokasi militer dan ancaman musuh yang langsung dan kuat,” lapornya. KCNAseperti yang dikutip ReutersJumat (1/12).

Selama kunjungannya ke angkatan udara, Kim juga mengunjungi sayap pesawat tempur, tempat para pilot melakukan pertunjukan penerbangan.

Kim kemudian memuji angkatan udara Korea Utara karena “sepenuhnya siap melaksanakan misi tempur udara mereka dengan sempurna dalam kondisi buruk”, lapor KCNA.

Seruan Kim datang setelah Pyongyang berjanji akan mengerahkan angkatan bersenjata yang lebih kuat dan senjata baru di sepanjang perbatasan negaranya dengan Korea Selatan.

Ketegangan di semenanjung Korea baru-baru ini meningkat, terutama setelah Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata bulan lalu yang dikecam keras oleh Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Korea Selatan bahkan menangguhkan sebagian perjanjian militer antar-Korea yang dicapai pada tahun 2018. Perjanjian tersebut bertujuan untuk meredam ketegangan militer antar negara.

Menanggapi tindakan Korea Selatan, Pyongyang membatalkan perjanjian tersebut sepenuhnya. Korea Utara menegaskan pihaknya tidak lagi terikat dengan perjanjian tersebut.

Sementara itu, menurut AS, peluncuran satelit mata-mata Korea Utara telah melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Terkait hal tersebut, Korea Utara menyatakan akan meluncurkan lebih banyak satelit dengan alasan hal tersebut merupakan hak untuk membela diri.

Pada Kamis (30/11), AS menargetkan Korea Utara dengan sanksi baru akibat peluncuran satelit ini. Korea Selatan juga mengumumkan sanksi lain terhadap 11 warga Korea Utara.

Selain itu, Korea Selatan juga menunda kunjungan Zona Demiliterisasi (DMZ) antara kedua negara.

(blq/wiw)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);