Berita Kronologi Pesawat Saurya Airlines Jatuh di Kathmandu Nepal

by


Jakarta, Pahami.id

Sebanyak 13 penumpang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut Maskapai Surya di ibu kota Kathmandu, NepalRabu (24/7) pagi waktu setempat.

Militer Nepal melaporkan bahwa pesawat yang membawa 19 orang itu jatuh sekitar pukul 11.15 tak lama setelah lepas landas di Bandara Internasional Tribhuvan.

Menurut saksi mata, pesawat tersebut jatuh setelah ujung sayapnya menyentuh tanah saat lepas landas. Pesawat kemudian terbakar dan jatuh ke jurang di sisi timur landasan pacu, The Indian Express melaporkan.


Portal berita Khabarhub melaporkan bahwa pesawat tersebut terbakar setelah tergelincir dari landasan pacu dan “mengeluarkan asap dalam jumlah besar”.

Kecelakaan itu terjadi saat jet Bombardier CRJ 200 sedang dalam perjalanan menuju Pokhara, salah satu lokasi wisata penting di kawasan Himalaya.

Menurut laporan Kathmandu Post, pilot pesawat tersebut, Manish Shankya, dikabarkan selamat dan dilarikan ke rumah sakit.

Dari 19 penumpang pesawat tersebut, 17 orang teknisi dan dua orang awak kabin.

Kepala Keamanan Bandara Arjun Chand Thakuri mengatakan puluhan teknisi akan berangkat ke Pokhara untuk melakukan pemeriksaan pemeliharaan.

Industri penerbangan Nepal terus berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Namun tingkat keselamatan penerbangan di Tanah Air masih lemah akibat minimnya pelatihan dan pemeliharaan.

Uni Eropa hingga saat ini melarang semua maskapai penerbangan Nepal memasuki wilayah udaranya karena alasan keamanan.

Catatan buruk Nepal dalam hal keselamatan penerbangan diperparah dengan kondisi geografisnya yang berbahaya.

Negara di Himalaya ini memiliki landasan pacu tersulit di dunia untuk mendarat, diapit oleh puncak-puncak yang tertutup salju.

Cuaca juga dapat berubah dengan cepat di daerah pegunungan seperti Himalaya, sehingga menciptakan kondisi penerbangan yang berbahaya.

Kecelakaan penerbangan komersial besar terakhir di Nepal terjadi pada Januari 2023, ketika sebuah pesawat Yeti Airlines jatuh saat mendarat di Pokhara, menewaskan 72 orang di dalamnya.

Kecelakaan itu adalah yang paling mematikan di Nepal sejak tahun 1992, ketika seluruh 167 orang di dalam pesawat Pakistan International Airlines tewas ketika pesawat tersebut jatuh saat mendekati bandara Kathmandu.

Pada tahun yang sama, sebuah pesawat Thai Airways juga jatuh di dekat bandara yang sama, menewaskan 113 orang di dalamnya.

(blq/dna)