Berita KPU Tutup Pendaftaran, Pilgub Jakarta Akan Diikuti 3 Bakal Paslon

by


Jakarta, Pahami.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta resmi menutup pendaftaran calon bupati yang akan bertarung Pemilihan Gubernur Jakarta 2024 sebelum memasuki Jumat (30/8) dini hari.

Ketua KPU DKI Jakarta, Wahyu Dinata menjelaskan, sudah ada tiga pasangan calon yang mendaftar. Ketiganya adalah pasangan Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana.


Status ketiga calon ini sudah selesai dan diterima. Jadi pada pukul 23.42 WIB Provinsi DKI Jakarta ada tiga calon yang akan meramaikan Pilkada DKI 2024, kata Wahyu dalam konferensi pers, Kamis (29/8) sore.

Dia menjelaskan, ada tambahan dukungan terhadap pasangan Pramono-Rano dari Partai Hanura. Jadi pasangan ini diusung PDIP dan Hanura.

Selain itu, ada tambahan dukungan dari PKN kepada pasangan Ridwan Kamil-Suswono. Pasangan ini didukung 14 partai yaitu Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, Garuda dan PKN.

Wahyu menjelaskan, penambahan dukungan parpol sebelum ditutupnya pendaftaran dimungkinkan sesuai surat edaran KPU RI.

Secara umum, Pramono-Rano diajukan oleh 2 parpol, PDIP dan Hanura. Dari segi perolehan suara sekitar 14,46 persen. Pasangan RK-Suswono kini memiliki 14 parpol dengan perolehan suara kumulatif sebesar 83,46 persen, ujarnya. Wahyu.

Setelah pendaftaran ketiga calon gubernur dan wakil gubernur dinyatakan lengkap, mereka akan menjalani tes kesehatan secara bertahap di RSUD Tarakan.

Tes kesehatan dimulai pada Pramono dan Rano Karno, Jumat (30/8), dilanjutkan Ridwan Kamil dan Suswono pada Sabtu (31/8), serta Dharma-Kun pada Minggu (1/9).

Ketua Bidang Teknis KPU DKI Doddy Wijaya sebelumnya menyatakan dirinya diinstruksikan menjalani tes kesehatan sesuai jadwal agar bisa resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di KPU.

Jadi misalnya sudah dipastikan hadir pada tanggal 28 Pak Ridwan Kamil dan Pak Suswono, kemudian yang bersangkutan akan diperiksa kesehatannya pada tanggal 30, kata Doddy, Selasa (27/8). .

(yo/chri)