Berita Korut Tidak Ragu Musnahkan Korsel

by


Jakarta, Pahami.id

Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un menyerukan penguatan senjata nuklir dan memperingatkan negaranya tidak akan ragu untuk “menghancurkan” Korea Selatan.

Selama kunjungannya ke pabrik senjata pada Senin dan Selasa pekan ini, Kim Jong Un mencap Korea Selatan, tetangganya di selatan, sebagai “musuh utamanya”.


Menurut kantor berita Korea Utara, KCNAKim Jong Un menjelaskan bahwa prioritas Pyongyang adalah “meningkatkan kemampuan militer untuk pertahanan diri dan senjata nuklir.

Kim Jong Un mengatakan bahwa meskipun Korea Utara tidak akan “secara sepihak memprovokasi konfrontasi”, negaranya tidak takut akan perang.

“Jika Korea Selatan berani mencoba menggunakan kekuatan bersenjata melawan Korea Utara atau mengancam kedaulatan dan keamanan negara dan peluang itu muncul, kami tidak akan ragu untuk menghancurkan Korea Selatan dengan mengerahkan segala cara dan kekuatan yang ada,” kata Kim Jong Un melalui laporan. KCNA pada Rabu (10/1).

Dikutip AFPKim Jong Un didampingi beberapa pejabat senior dan tentara saat mengunjungi beberapa pabrik senjata dan amunisi di luar Pyongyang.

KCNA menggambarkan kunjungan tersebut sebagai dorongan bagi para pekerja senjata “dalam mencapai tujuan utama produksi senjata di tahun baru.”

Pernyataan Kim Jong Un muncul ketika ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan meningkat ke titik didih baru.

Di awal tahun, Kim Jong Un dan adiknya, Kim Yo Jong berulang kali menyatakan siap berperang melawan Korea Selatan.

Korea Utara bahkan menembakkan lebih dari 200 meriam ke perbatasan Korea Selatan, sehingga mendorong Seoul mengeluarkan perintah evakuasi bagi warga di dua pulau dekat perbatasan tersebut.

Ketegangan Korea Utara-Selatan dipicu oleh semakin bersahabatnya kerja sama militer dan pertahanan antara Seoul dan Amerika Serikat. Dalam beberapa waktu terakhir, AS dan Korea Selatan juga semakin bersemangat untuk menggelar latihan militer gabungan yang selalu membuat marah Korea Utara.

Korea Utara menilai latihan militer gabungan AS-Korea Selatan akan dilakukan sebagai persiapan serangan terhadap negaranya.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);