Berita Korlantas Siapkan 1.300 Aparat Jaga Rute Perjalanan Pelantikan Prabowo

by


Jakarta, Pahami.id

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Nasional menyediakan total 1.300 personel untuk mendapatkan jalur perjalanan pada saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabu Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akhir pekan ini.

Kakorlantas Polri Pol Aan Sukanan mengatakan, ribuan anggota tersebut selanjutnya akan dibagi dalam empat klaster jalur perjalanan yang akan dilalui Presiden dan Wakil Presiden serta tamu negara bagian lain.


Anggota Korlantas dan Polda Metro kurang lebih 1.300 orang. Semuanya dikerahkan dari titik penyangga, kami juga sudah menyiapkan jalur yang melewati empat klaster tersebut, ujarnya dalam upacara tersebut. Jam Berita TV Pahami.idKamis (16/10).

Aan merinci klaster jalur perjalanan pertama termasuk jalur Presiden-Wakil Presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dari kediamannya hingga Gedung DPR/MPR.

Sedangkan klaster kedua adalah jalur perjalanan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin dari Istana Negara menuju Gedung DPR/MPR.

Sedangkan dua klaster terakhir merupakan jalur perjalanan VVIP seperti perwakilan tamu negara dari Bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma.

Aan menjelaskan, juga akan terjadi pengalihan arus saat rombongan Presiden dan tamu VVIP lainnya hendak melintas baik menuju maupun dari Gedung DPR/MPR.

“Kami sudah siapkan petugas untuk mengamankan jalur tersebut. Di sepanjang jalur tentunya akan ada pengalihan jika rombongan VVIP melintas, hanya sesaat. Efeknya tidak menimbulkan kemacetan jalan, Insya Allah,” ujarnya.

Aan mengaku juga berkoordinasi dengan Paspampres untuk menyediakan jalur evakuasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga sudah menyiapkan jalur evakuasi taktis, tentunya evakuasi taktis ini juga kami koordinasikan dengan rekan-rekan Paspampres di jalur tersebut dan rumah aman di mana kami sudah menyiapkannya,” ujarnya.

Prabowo-Gibran akan dilantik di Kompleks Parlemen, Jakarta pada 20 Oktober. Mereka akan menggantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kontestan Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD pun turut diundang menghadiri acara tersebut.

Tak hanya itu, acara pelantikan Prabowo-Gibran juga akan dihadiri perwakilan negara sahabat.

(tfq/anak-anak)