Berita Korea Selatan Keluarkan Peringatan Tsunami Imbas Gempa Jepang

by


Jakarta, Pahami.id

Korea Selatan mengeluarkan peringatan tsunami di beberapa wilayah Laut Timur gempa bumi dan tsunami di Jepang, Senin (1/1).

Badan Meteorologi Korea (KMA) menyebutkan tsunami akibat gempa berkekuatan 7,4 SR yang melanda Ishikawa dan sekitarnya menyebabkan permukaan air laut naik di sepanjang pantai timur Korea Selatan.

Dikutip YonhapKMA mengatakan tsunami dapat mencapai pantai timur kota Gangneung pada pukul 18.29 dan tenggara kota Pohang pada pukul 19.17 waktu setempat.


KMA juga memperkirakan tsunami akan memiliki ketinggian di bawah 50 sentimeter, meski bisa bertambah ketika mencapai pantai.

Provinsi Gangwon, di sepanjang Laut Timur, mengirimkan peringatan tsunami melalui pesan teks kepada penduduk di enam kota dan kabupaten di sepanjang pantai, mendorong masyarakat di wilayah pesisir untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Polisi maritim setempat mengatakan mereka memantau dengan cermat situasi yang berkembang, dan mengatakan belum ada laporan kerusakan hingga Senin sore.

Otoritas Meteorologi Provinsi Gangwon mengeluarkan peringatan gelombang tinggi di perairan sekitar kota pesisir, dengan kecepatan angin mencapai 16 meter per detik.

Mereka menambahkan, wilayah pesisir dataran rendah tetap rentan terhadap gelombang tinggi sepanjang Senin malam dan Selasa dini hari.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Ishikawa dan peringatan atau imbauan tsunami tingkat rendah untuk seluruh pantai barat laut Pulau Honshu.

Media Jepang menyebutkan ketinggian air banjir bisa mencapai 5 meter.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyatakan belum menerima laporan mengenai kematian atau kerusakan warga Korea Selatan di Jepang hingga Senin sore.

Kementerian tersebut mengatakan Konsulat Jenderal Korea Selatan di Niigata, yang juga mengawasi Ishikawa, akan terus memantau situasi dan memberikan bantuan apa pun yang mungkin diperlukan warga Korea Selatan setelah gempa terjadi.

Kementerian Luar Negeri memperkirakan ada sekitar 1.200 warga Korea Selatan yang tinggal di Prefektur Ishikawa dan 800 lainnya di sekitar Prefektur Toyama.

(tim/bukan)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);