Berita Komisi X Curiga Anggaran Pendidikan Naik untuk Program Makan Gratis

by


Jakarta, Pahami.id

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda curiga dengan usulan tersebut meningkatkan anggaran pendidikan dalam Kerangka Ekonomi Makro dan Prinsip Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) RAPBN 2025 untuk membantu program Makanan Bergizi Gratis.

Dugaan itu diperkuat Huda karena tidak menemukan adanya tambahan alokasi dana pendidikan meski anggaran pendidikan dalam usulan RAPBN 2025 mengalami peningkatan.


“Saya dalam keadaan curiga, ini perlu, masih perlu bukti. Bisa jadi anggarannya (makanan bergizi gratis) diambil dari sana (tambahan alokasi biaya pendidikan),” kata Huda saat dihubungi, Rabu (29/1). 5). ).

Huda mengatakan, belum ada pembahasan di Komisi X DPR RI terkait bantuan anggaran pendidikan untuk program Makanan Bergizi Gratis.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Sebaliknya, dia mengatakan Komisi X sedang menjajaki kemungkinan tersebut. Katanya, pihaknya tidak setuju jika anggaran pendidikan digunakan untuk program Makanan Bergizi Gratis.

“Nah, itu yang terus kami periksa. Kalau ini terjadi, KPU

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menambah anggaran pendidikan dan kesehatan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2025.

Anggaran pendidikan tahun 2025 dialokasikan sebesar Rp 708,2 triliun hingga Rp 741,7 triliun, lebih tinggi dibandingkan perkiraan tahun 2024 sebesar Rp 665,02 triliun.

“Kami menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi yang tinggi juga perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rapat Paripurna DPR tentang Pemaparan Kerangka Ekonomi Makro Pemerintah dan Prinsip. Kebijakan Fiskal di Jakarta, Senin (27/5).

Dana ini juga direncanakan untuk meningkatkan gizi siswa sekolah, memperkuat kualitas sekolah, meningkatkan sarana dan prasarana, meningkatkan angka partisipasi kasar pada lembaga pendidikan anak usia dini dan pendidikan tinggi, memperkuat kualitas tenaga pengajar, dan memperkuat pelatihan vokasi.

(pagi/siang)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);