Berita KM Soneta Tenggelam di Karimunjawa, 6 ABK Masih Belum Ditemukan

by


Jakarta, Pahami.id

Tim SAR gabungan tidak berhasil menemukan enam awak kapal KM Soneta yang dilaporkan tenggelam di perairan pulau KarimunjawaJepara, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono mengatakan, pencarian yang dilakukan tim sejauh ini belum membuahkan hasil. Enam ABK yang masih dicari adalah Muntari, Tamuri, Salam, Jaidi, Samani dan Damuri.


Budiono, mengutip laporan di antaramengatakan bahwa “pencarian dilakukan dalam radius 6 mil dari lokasi awal kapal dilaporkan tenggelam.”

Menurutnya, dari 16 awak kapal KM Soneta yang berlayar, 10 orang di antaranya selamat setelah dipindahkan oleh kapal lain yang kebetulan lewat. Sementara enam orang lainnya masih hilang dan sedang dicari.

KM Soneta berangkat melaut pada 6 Juli 2024 untuk menangkap ikan di perairan utara Pulau Jawa. Namun pada Selasa (9/7), kapal tersebut dikabarkan tenggelam karena diduga bocor.

Ketinggian ombak saat kejadian sekitar 2,5 meter dengan angin kencang dan arus kencang, ujarnya.

Menurut Budiono, 10 awak kapal yang selamat bertahan selama tiga hari di laut dengan menggunakan barang yang bisa mengapung termasuk jeriken. Mereka mulai mengambil barang tersebut setelah menemukan kebocorannya

Mengetahui hal tersebut membuat seluruh awak kapal panik dan berusaha menyelamatkan diri dengan mengambil barang-barang yang mengapung seperti jerigen dan lainnya dengan mudah lalu terjun ke laut, kata Budiono mengutip Kedua.

“Sekitar 30 menit kemudian, KM Soneta tenggelam seluruhnya. Awak kapal berusaha tetap berkumpul saat mengapung, namun akhirnya di hari ketiga ada yang terpisah karena ombak yang relatif besar,” lanjutnya.

Setelah terombang-ambing selama tiga hari tiga malam, akhirnya pada Kamis pagi keenam awak kapal tersebut ditemukan dan diselamatkan oleh kapal nelayan KM Bintang Barokah yang kebetulan lewat dan sedang dalam perjalanan kembali ke Tegal.

Saat KM Bintang Barokah melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Tegal, mereka mendapat informasi Kapal Bersih asal Indramayu menemukan tiga awak kapal yang mengapung di laut. Melalui radio tersebut, KM Bintang Barokah juga mendapat informasi bahwa salah satu awak KM Soneta berhasil diselamatkan oleh kapal penangkap cumi-cumi dari Jakarta.

“Jadi diketahui awak kapal yang selamat ada 10 orang,” jelasnya.

(tim/dmi)