Berita Kim Jong Un Kangen Saya

by


Jakarta, Pahami.id

calon presiden Amerika Serikat, Donald Trumpbercanda tentang pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, setelah menerima tiket nominasi dari Partai Republik.

Trump mengatakan dia yakin Kim ingin dia menjadi presiden AS.


“Saya bergaul dengannya, dia ingin melihat saya kembali juga. Saya pikir dia merindukan saya, jika Anda ingin tahu,” kata Trump di Konvensi Nasional Partai Republik, seperti dikutip AFPKamis (18/7).

Menurut media Korea Selatan, YonhapPernyataan Trump menyiratkan bahwa calon presiden berusia 78 tahun itu ingin melanjutkan upaya diplomasinya dengan Korea Utara.

Sebab, Trump dalam kesempatan itu juga menyatakan bahwa menjalin hubungan dengan “seseorang yang punya banyak senjata nuklir” membuatnya bahagia.

“Senang sekali bisa bergaul dengan seseorang yang punya banyak senjata nuklir,” kata Trump.

Ia juga mengatakan bahwa pada pemerintahan sebelumnya, ia berhasil menghentikan peluncuran rudal Pyongyang. Kini, di bawah pemerintahan AS di bawah Presiden petahana Joe Biden, Korea Utara kembali bertindak.

Menurut Trump, kebijakan luar negeri Biden sangat buruk sehingga banyak konflik meletus belakangan ini.

“Perang kini sedang berkecamuk di Eropa dan Timur Tengah. Potensi konflik yang lebih besar menghantui Taiwan, Korea, Filipina, dan negara-negara Asia lainnya, dan planet kita berada di ambang Perang Dunia III,” ujarnya, seperti dikutip Yonhap. .

Trump sendiri pernah bertemu langsung dengan Kim saat ia masih berkuasa. Keduanya setidaknya mengadakan tiga pertemuan penting, termasuk pertemuan puncak pertama mereka di Singapura pada tahun 2018.

(isa/bac)