Berita Ketua KPU Provinsi Gorontalo Mundur, Maju Jadi Calon Bupati

by


Makassar, Pahami.id

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU). Gorontalo, Fadliyanto Koem, memutuskan melepas jabatannya. Ia ingin mencalonkan diri sebagai calon bupati pada Pilkada Kabupaten Gorontalo 2024.

“Surat pengunduran diri saya sudah diserahkan ke KPU RI sejak Senin (8/7) lalu. “Saya masih menunggu keluarnya keputusan pemberhentian,” kata Fadliyanto saat dihubungi, Minggu (14/7).


Fadli sudah dua periode menjabat sebagai Ketua KPU Provinsi Gorontalo. Ia berencana mencalonkan diri sebagai calon Bupati Gorontalo karena mendapat banyak dukungan dari tokoh setempat dan masyarakat.

“Langkah ini menjawab aspirasi tokoh masyarakat di Kabupaten Gorontalo yang meminta mencalonkan diri pada pemilu 2024,” ujarnya.

Menurutnya, ia tidak lagi menjabat sebagai ketua dan anggota KPU Provinsi Gorontalo setelah menyerahkan surat tersebut ke KPU RI. Kini, dia menunggu surat resmi pemberhentiannya.

Fadli pun memastikan tahapan Pilkada 2024 sudah selesai sebelum ia memutuskan mundur dari KPU.

Termasuk sosialisasi dan peningkatan kualitas partisipasi pemilih. Selanjutnya KPU daerah, kabupaten, dan kota akan melaksanakan seluruh tahapan yang telah disusun sejak kecil, ujarnya.

Pemungutan Suara Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan pada 27 November 2024. Terdapat 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota yang menjadi peserta pilkada.

(mir/tsa)