Berita Ketua Dewan Aglomerasi Bakal Ditunjuk Presiden, Tak Otomatis Wapres

by


Jakarta, Pahami.id

DPR dan pemerintah sepakat dengan Dewan Aglomerasi Jabodetabek akan ditunjuk langsung oleh presiden. Keputusan tersebut membatalkan rancangan sebelumnya bahwa dewan aglomerasi akan dipimpin oleh wakil presiden.

Ketua dan anggota Dewan Daerah diangkat oleh Presiden Republik Indonesia, bolehkah? kata Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas dalam rapat pembahasan RUU Daerah Istimewa (DKJ) Jakarta di kompleks parlemen, Kamis (14/3).


Dia menjelaskan, alokasi selanjutnya akan diatur melalui peraturan presiden (perpres). Kemudian, presiden bisa menunjuk siapa saja untuk menduduki jabatan tersebut, termasuk jika diberikan kepada wakil presiden.

Jadi maksudnya dia mau memberikannya kepada wakil presiden, siapapun dia mau memberikannya, masalah konstitusi kita akan selesai, kata Supratman.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Posisi Dewan Aglomerasi sebelumnya menjadi fokus rapat. Perwakilan DPD mempertanyakan kewenangan wakil presiden dalam jabatan tersebut.

Rapat Baleg hari ini juga menyepakati Jakarta menjadi kawasan aglomerasi setelah tidak lagi menjadi ibu kota negara. Jakarta akan masuk dalam aglomerasi bersama Kabupaten Bogor, Kabupaten Tanggerang, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Tanggerang, Kota Tangsel, dan Kota.
bekasi.

Pertemuan tersebut mengusulkan agar Cianjur dimasukkan dalam aglomerasi. Namun usulan tersebut tidak disetujui.

“Aglomerasi itu wilayah yang mempunyai hubungan fungsional, hubungan fungsional yang mana? Yaitu terhubung dengan sistem jaringan, seluruh infrastruktur jaringan, jaringan air bersih, jaringan telekomunikasi, jaringan jalan, termasuk sinkronisasi antar ruang,” kata Sekjen Kementerian. Di Negeri Suhajar Diantoro.

(thr/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);