Berita Kepincut Usung Teguh Prakosa di Pilkada Solo, PKS Dekati PDIP

by


Solo, Pahami.id

Nama Sekretaris DPC PDIP yang kini menjabat Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa masuk radar Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai calon yang akan diusung pada Pilkada Provinsi Solo Tahun 2024.

Terkait peluang UKM mengusung Teguh di Pilwalkot Solo 2024, DPD PKS Kota Solo pun mengunjungi DPC PDIP Solo, Selasa (28/5).

Dalam kunjungan tersebut, Ketua DPD PKS Solo Daryono memaparkan hasil pemilihan nama partainya pada Pilwali Solo kepada Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy).


Daryono awalnya mengatakan, hasil pencariannya mengerucut menjadi 14 nama. Tujuh nama kader internal PKS dan tujuh nama tokoh masyarakat yang tidak terafiliasi dengan PKS. Salah satu orang yang tidak terafiliasi dengan PKS adalah Teguh Prakosa yang kini menjabat Wakil Wali Kota Gibran Rakabuming Raka di Pemkot Solo.

“Kebetulan salah satu nama yang paling banyak muncul di kalangan kader UKM adalah nama kader PDIP, dalam hal ini Pak Teguh Prakosa, Wakil Wali Kota Surakarta,” kata Daryono di hadapan jajaran PDIP Solo. manajemen DPC.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Daryono terang-terangan menyatakan kunjungan DPD PKS ke DPC PDIP kali ini bertujuan untuk memaparkan hasil screening. UKM juga ingin menjajaki peluang kerja sama politik untuk menghadapi Pilkada 2024.

“Bagaimana kita bisa melanjutkan persahabatan ini bersama-sama dalam konteks kerja sama yang lebih konkrit di masa depan,” ujarnya.

Di sisi lain, DPC PDIP Solo sendiri telah menyelesaikan proses pendaftaran calon kepala daerah Pilkada Solo 2024 mendatang. Ada 20 orang termasuk Teguh yang mendaftar menjadi calon Wali Kota – Wakil Wali Kota Solo melalui partai sapi.

Daryono mengatakan, pelaku UKM akan menghormati proses internal yang sedang dilakukan di PDIP.

“Kami akan hormati kalau dari PDIP bukan Encik Teguh karena itu mekanisme internal di PDIP,” ujarnya.

Daryono pun mengaku berharap kadernya bisa dicalonkan menjadi Wali Kota atau Wakil Wali Kota Solo. Hanya saja, hal itu belum menjadi syarat kerja sama politik antara PDIP dan PKS pada Pilkada Solo mendatang.

“Kalau kita berharap, tentu kita berharap. Tapi apapun keputusannya kita komunikasikan, kita hormati prosesnya dan hargai keputusan yang disepakati bersama,” kata Daryono.

Ia menambahkan, DPD PKS juga akan mengunjungi partai lain untuk menjajaki peluang kerja sama politik pada Pilkada Solo 2024 mendatang. Selain Teguh, nama Ketua DPD Golkar Solo Sekar Tanjung juga masuk radar pemilu UKM.

“Setelah ini kami akan melanjutkan hubungan dengan berbagai komponen masyarakat dan partai politik terkait untuk menindaklanjuti hasil jaringan internal kami,” ujarnya.

Sementara itu, Rudy mengatakan DPC PDIP Solo tidak bisa mengambil keputusan sendiri terkait Pilkada Kota Solo. Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, DPC PDIP hanya mendapat tugas dari DPP PDIP untuk mendaftarkan calon bupati pada Pilkada Solo 2024.

“Meski UKM sudah melakukan proses screening ini, tentunya kami akan menghubungi DPP terlebih dahulu,” ujarnya.

“Apa yang akan DPP usulkan? Tugas saya hanya satu, melaksanakan dan menangkan,” lanjut pria yang juga menjabat Wakil Wali Kota dan Wali Kota Solo itu.

(anak-anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);