Berita Kepala Kepolisian Seoul Didakwa Lalai atas Tragedi Halloween Itaewon

by


Jakarta, Pahami.id

Kepala Badan Kepolisian Metropolitan Seoul Kim Kwang-ho didakwa melakukan kelalaian sehubungan dengan insiden fatal tersebut Halloween 2022. 159 orang tewas akibat tragedi Itaewon pada Oktober 2022.

AFP pada Sabtu (20/1) memberitakan, Kejaksaan Distrik Seoul Barat menilai kapolsek lalai dalam hal tersebut sehingga menyebabkan insiden yang memakan banyak korban jiwa itu dibayang-bayangi.


“Sebagai kepala Badan Kepolisian Metropolitan Seoul, dia [Kim Kwang-ho] tidak mengambil tindakan yang diperlukan, seperti mengerahkan pasukan polisi yang memadai dan memastikan ketertiban dan pengawasan yang tepat,” kata jaksa.

Meskipun dia bisa melihat potensi bahaya yang timbul dari kepadatan yang berlebihan di kawasan kehidupan malam.

Kim Kwang-ho, perwira tinggi polisi yang diadili atas tragedi tersebut, didakwa tanpa ditahan.

[Gambas:Video CNN]

Pada Januari 2023, Kim dan 22 petugas polisi lainnya diserahkan kepada jaksa oleh tim investigasi khusus polisi atas dugaan keterlibatan mereka dalam kesalahan penanganan acara pemerintah.

Jaksa telah menuntut kepala kantor polisi di distrik Yongsan Seoul, yang mencakup wilayah Itaewon, dan kantor Daerah Yongsan, namun belum memutuskan untuk menuntut Kim selama lebih dari setahun.

Hingga terbit pernyataan pada Jumat (19/1) yang menyatakan, “Kim Kwang-ho bersama Kepala Kantor Polisi Yongsan dan Kepala Kantor Wilayah Yongsan yang diadili, secara kolektif menyebabkan kematian 158 orang. dan cedera pada 312 orang karena kelalaian profesional.”

Transformasi cepat Korea Selatan dari negara yang dilanda perang menjadi negara dengan perekonomian terbesar keempat di Asia dan pusat kebudayaan global merupakan sumber kebanggaan nasional.

Namun, serangkaian bencana yang sebenarnya bisa dihindari, seperti tragedi Itaweon dan tenggelamnya kapal feri Sewol pada tahun 2014 yang menewaskan 304 orang, telah menggoyahkan kepercayaan masyarakat terhadap pihak berwenang.

(AFP/Kris)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);