Berita Kenapa USA Disebut Amerika Serikat di Indonesia?

by


Jakarta, Pahami.id

Masyarakat Indonesia mengenal Amerika Serikat (AS) dengan sebutan “Amerika SerikatT“.

Istilah ini sangat umum digunakan jika merujuk pada Amerika Serikat, termasuk oleh pemerintah Indonesia.

Amerika Serikat adalah negara yang terdiri dari lima puluh negara bagian dan sebuah distrik federal.


Amerika Serikat terletak di bagian tengah Amerika Utara. Negara ini diapit oleh Samudera Pasifik di sebelah barat dan Samudera Atlantik di sebelah timur.

Mengapa Amerika Serikat disebut Amerika Serikat di Indonesia?

Jika dicek berdasarkan terminologi, istilah Amerika Serikat berarti Amerika Serikat.

Amerika mengacu pada benua Amerika, benua di bagian barat dunia.

Nama benua Amerika diambil dari nama seorang penjelajah dan kartografer asal Italia, Amerigo Vespucci, yang konon merupakan orang pertama yang mencapai benua Amerika.

Pada awalnya, Amerika Serikat tidak disebut “Amerika”. Presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, menyebut negara ini Amerika Serikat atau Persatuan.

Menurut profesor sejarah Universitas Northwestern Daniel Immerwahr, George Washington melakukannya karena suatu alasan. Kata “Amerika” umumnya dianggap milik Labrador dan Paraguay, serta penduduk asli mereka.

Apalagi Amerika juga tidak mencakup seluruh Amerika. Contohnya adalah Amerika Latin yang terpisah dari Amerika Serikat.

Oleh karena itu, istilah yang digunakan untuk menyebut Amerika Serikat pada umumnya adalah Amerika Serikat (Amerika Serikat), Republik, dan Persatuan (unity).

Namun, setelah perang dengan Spanyol pada tahun 1898, Amerika Serikat tidak bisa lagi disebut sebagai republik, apalagi serikat pekerja.

Pasalnya, Amerika Serikat tidak hanya menguasai wilayah jajahan Spanyol di Filipina, Puerto Riko, dan Guam, tetapi juga wilayah non-Spanyol di Hawaii dan Samoa Amerika.

Situasi ini membuka pintu bagi AS untuk bergabung dengan klub kekaisaran.

Pada saat berdirinya negara setelah perang, para pendiri mengusulkan nama-nama baru seperti Kekaisaran Amerika, Republik Besar, dan Amerika Serikat Raya.

Namun nama yang paling menonjol adalah Amerika. Oleh karena itu, Amerika Serikat tetap disebut sebagai AS.

Sedangkan di Indonesia, Amerika disebut Amerika Serikat sendiri karena untuk membedakannya dengan Rusia yang saat itu bernama Uni Soviet.

Kedua negara tersebut bersifat federal karena terdiri dari beberapa negara bagian yang membentuk kesatuan dan masing-masing negara bebas menangani permasalahannya masing-masing.

Oleh karena itu, Amerika Serikat dipilih untuk disebut sebagai “Amerika Serikat”.

(blq/baca)