Berita Kemlu RI Buka Suara soal Menkominfo Jadi Menlu Ad Interim

by


Jakarta, Pahami.id

Kementerian Luar Negeri RI sudah buka suara terkait penunjukan Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi selaku Menteri Luar Negeri Ad Interim pada Sabtu (20/1).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, pengangkatan menteri sementara merupakan hal biasa di kabinet pemerintah.


“Itu hal yang lumrah di pemerintahan, ketika menteri tidak ada di Indonesia. Menteri sendiri sering bertindak sebagai ad interim,” kata Iqbal dalam keterangan singkatnya kepada wartawan, Minggu (21/1).

Berdasarkan keterangan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Budi Arie sebagai Menteri Luar Negeri Sementara berdasarkan surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-69/M/D-3/ AN.00.03 /01/2024 tanggal 19 Januari 2024 ditujukan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kementerian menjelaskan, penunjukan ini dilakukan untuk menggantikan sementara Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

“Sehubungan dengan surat Menlu No. 017/BK/01/2024/01 tanggal 17 Januari 2024 ditujukan kepada Presiden, perihal Permohonan Izin Bepergian ke Luar Negeri, dengan hormat kami informasikan bahwa Presiden telah menyetujuinya. mengangkat Menteri Komunikasi dan Informatika sebagai Menteri Luar Negeri Sementara,” bunyi surat itu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebut penunjukan Budi Arie sebagai Menlu Ad Interim terjadi saat Retno Marsudi sedang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Retno bertugas di luar negeri pada 21-22 Januari untuk menghadiri beberapa pertemuan termasuk debat di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat.

Penunjukan Menlu Ad Interim terjadi ketika santer santer terdengar rumor sejumlah menteri kabinet Jokowi mengundurkan diri, salah satunya Menlu Retno.

Namun saat menjawab pertanyaan terkait isu mundurnya Kabinet Indonesia Maju, Retno mengaku sebenarnya sedang mempersiapkan perdebatan di Dewan Keamanan PBB terkait Gaza.

Sebenarnya saya sedang mempersiapkan debat di DK PBB terkait Gaza, besok malam saya akan ke New York, ujarnya. CNNIndonesia.comJumat (19/1).

Selain itu, Retno juga menginformasikan akan menghadiri beberapa pertemuan penting terkait ASEAN.

“Akhir bulan ada pertemuan Menlu ASEAN, awal Februari ada pertemuan ASEAN-EU. Jadwalnya padat banget saat ini,” ujarnya.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);