Berita Kementerian Gus Ipul di Bawah Koordinasi Cak Imin

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar atau Paman Imin akan memimpin koordinasi kerja beberapa kementerian termasuk Kementerian Sosial yang saat ini dipimpin oleh Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Selain Kementerian Sosial, Cak Imin juga memimpin koordinasi Kementerian Perlindungan Pekerja Migran, Kementerian Koperasi, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Desa, dan Kementerian UKM.

“Ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari koordinasi saya,” kata Cak Imin di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Senin (21/10).


Cak Imin menyampaikan harapan Prabowo agar ada integrasi dalam gerakan pembangunan nasional ke depan. Makanya Prabowo ingin setiap kementerian tidak didominasi ego sektoral.

Karena itu, dia ingin Kementerian Koordinator Pemberdayaan Masyarakat mengikis ego sektoral di setiap kementerian.

“Kita mulai dari yang kecil, menengah, dan rendah. Kalau ini berhasil, menurut Presiden Prabowo, akan menyusul integrasi-integrasi lainnya, karena kita tidak bisa hanya mengandalkan pasar ekonomi yang besar, kita harus mulai dari sistem yang lebih rendah, yaitu. kira-kira arahnya,” katanya.

Ia pun menegaskan, di Kabinet Merah Putih tidak ada lagi beda pendapat atau pandangan politik. Semua harus berada dalam satu garis komando untuk mewujudkan visi dan misi Prabowo-Gibran.

Penegasan Muhaimin itu mencerminkan perseteruannya dengan Gus Ipul selaku Sekjen PBNU yang kini menjabat Menteri Sosial.

“Saya menerima amanah ini dengan niat tulus untuk bekerja sama, bahu membahu, seluruh kementerian dalam koordinasi yang telah dipercayakan kepada saya,” ujarnya.

Gus Ipul di kesempatan terpisah menyatakan, tidak ada masalah jika bekerja di bawah koordinasi Cak Imin.

“Tidak penting kita bekerja atas perintah presiden. Sebagai imam presiden, kita ikuti keputusannya. Koordinasi dengan siapa kita akan lakukan,” kata Gus Ipul kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21 /10).

Gus Ipul menegaskan pesan Prabowo untuk bersatu. Oleh karena itu, demi menjaga stabilitas kabinet, ia tak kesulitan berkoordinasi dengan Cak Imin.

Selain berkoordinasi dengan Menteri Sosial Gus Ipul, Cak Imin juga secara berkala akan berkoordinasi dengan Menteri Perlindungan Pekerja Migran Abdul Kadir Karding, Menteri Ekonomi Kreatif Teuku Riefky Harsya, Menteri Pembangunan Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Yandri. Susanto, dan Menteri UKM Maman Abdurrahman.

Kantor di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Cak Imin mengungkapkan, Kementerian Koordinator Pemberdayaan Masyarakat juga akan menempati Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

“Saya mendapat kabar dari Menteri Sekretaris Negara Pak Pras bahwa saya akan berkantor di Kantor PMK di sini,” kata Cak Imin.

Dia menyerahkan kepada Menko PMK penambahan staf Kementerian Koordinator Pemberdayaan Masyarakat. Namun, dia ingin Kementerian Koordinator memiliki deputi khusus yang bergerak di bidang usaha kecil dan pemberdayaan sosial.

“Apakah cukup beroperasi di sini dengan staf yang ada? Mungkin kita akan menemukan satu atau dua kedeputian yang bisa menyinkronkan dunia usaha kecil dengan pemberdayaan sosial,” ujarnya.

Cak Imin dilantik sebagai Menteri Koordinator Pemberdayaan Masyarakat oleh Presiden Prabowo di Istana Negara, Jakarta, Senin pagi.

Berikut daftar kementerian yang berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Pemberdayaan Masyarakat:

  • Kementerian Sosial
  • Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Kementerian Koperasi
  • Kementerian Ekonomi Kreatif
  • Kementerian Desa
  • Kementerian UKM

(rzr/gil)