Berita Kematian Yazan Kafarneh, Wajah Lapar dan Kurang Gizi Anak-anak Gaza

by


Jakarta, Pahami.id

Sangat mudah untuk melihat tengkorak di bawah wajah anak laki-laki itu, kulit pucatnya membentang erat di setiap lekuk tulang dan kendur di setiap lubang. Dagunya menonjol dengan ketajaman yang mengganggu. Dagingnya telah menyusut dan menyusut, kehidupan hanyalah topeng tipis dari kematian yang akan datang.

Dalam salah satu rangkaian foto berita tentang anak laki-laki itu, Yazan Kafarneh, diambil dengan izin keluarganya saat dia berjuang untuk hidupnya, menunjukkan matanya yang panjang, merenung, dan tidak fokus. Dalam gambar yang dibagikan secara luas secara online, tangan kanannya, yang dipasangi infus, menyusut pada sudut yang tidak tepat, yang merupakan tanda kelumpuhan otaknya.

Dia berusia 10 tahun, namun dalam foto hari terakhirnya di sebuah klinik di Jalur Gaza selatan, dia terlihat kecil untuk usianya dan sekaligus tua. Pada Senin (4/3), Yazan meninggal dunia. Foto Yazan yang viral di media sosial dengan cepat membuatnya menghadapi kelaparan di Gaza.


Kelompok bantuan internasional telah memperingatkan bahwa kematian akibat kekurangan gizi baru-baru ini terjadi dan dihadapi oleh lebih dari 2 juta warga Gaza. Lima bulan setelah invasi brutal Israel dan blokade Gaza, ratusan ribu warga Palestina berada di ambang kelaparan.

Hampir tidak ada bantuan yang mencapai Gaza utara selama berminggu-minggu, setelah sebagian besar badan-badan utama PBB menghentikan operasi mereka, dengan alasan penjarahan massal barang-barang mereka oleh orang-orang yang putus asa di Gaza, blokade konvoi Israel, dan kondisi jalan yang buruk akibat perang.

Setidaknya 20 anak Palestina meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi, menurut Pejabat Kesehatan Gaza. Seperti Yazan yang membutuhkan obat-obatan yang persediaannya terbatas di Gaza, banyak dari mereka yang meninggal juga menderita masalah kesehatan yang membahayakan nyawa mereka.

“Seringkali anak-anak mengalami kekurangan gizi parah, kemudian mereka jatuh sakit dan viruslah yang akhirnya menyebabkan kematian,” kata Heather Stobaugh, pakar malnutrisi di Action Against Hunger, sebuah kelompok bantuan internasional. “Tetapi mereka tidak akan mati jika tidak kekurangan gizi,” lanjutnya.

Seperti dikutip Waktu New York, Pejabat Kesehatan Gaza menyebutkan, kedua anak yang meninggal akibat kekurangan gizi tersebut berusia kurang dari 2 hari. Meski memperingatkan bahwa sulit untuk mengatakan apa yang terjadi tanpa informasi lebih lanjut, Stobaugh mengatakan bahwa kekurangan gizi pada wanita hamil dan kurangnya susu formula dapat dengan mudah menyebabkan kematian bayi.

Hal ini berdasarkan laporan yang disiapkan oleh kelompok bantuan, ActionAid, yang mengatakan bahwa seorang dokter di rumah sakit bersalin Al-Awda di Gaza utara telah memberi tahu kelompok tersebut bahwa ibu-ibu yang kekurangan gizi melahirkan anak-anak yang lahir mati.

Orang tua Yazan berjuang selama berbulan-bulan untuk merawat putra mereka, yang kondisinya menurut para ahli menyebabkan dia mengalami kesulitan menelan dan membutuhkan makanan ringan dan bergizi.

Setelah pemboman Israel di Gaza menyusul serangan mendadak Hamas pada tanggal 7 Oktober, orang tua Yazan meninggalkan rumah mereka, membawa Yazan dan ketiga putra mereka ke tempat yang mereka harap lebih aman. “Hari demi hari, saya melihat anak saya semakin lemah,” kata ayahnya, Shareef Kafarneh, seorang sopir taksi berusia 31 tahun dari Beit Hanoun di Gaza utara.

Akhirnya, mereka sampai di Al-Awda, di Rafah, tempat Yazan meninggal pada Senin pagi. Dia menderita malnutrisi dan infeksi saluran pernafasan, menurut Dr Jabr al-Shaer, dokter anak yang merawatnya. Al-Shaer menyalahkan kurangnya makanan karena melemahkan sistem kekebalan tubuh Yazan yang sudah melemah.

(Wow)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);