Berita Kasus Pencurian Mobil di Kanada Melonjak ‘Gila-gilaan’

by


Jakarta, Pahami.id

Kasus pencurian mobil Kanada meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir.

Biro Asuransi Kanada menyebut peristiwa ini sebagai ‘krisis nasional’. Pasalnya, angka pencurian mobil dan truk ukuran sedang di Toronto dilaporkan meningkat sebesar 150 persen pada tahun 2021 hingga 2023.


Montreal dan Toronto disebut-sebut menjadi kota sasaran pencuri. Akibatnya, banyak kendaraan curian yang dikirim ke luar negeri melalui pelabuhan Montreal.

Pada saat yang sama, tingkat pencurian juga meningkat sebesar 58 persen di provinsi Quebec dan 48 persen di Ontario.

Peristiwa pencurian dialami warga kota Montreal, Kanada, Zachary Siciliani. Dia menemukan mobilnya hilang tanpa jejak.

Siciliani juga menduga para pencuri menggunakan alat canggih yang bisa langsung membobol dan menghidupkan mesin mobil.

Pihak berwenang juga menyadari bahwa kecanggihan teknologi yang digunakan pada mobil masa kini dapat memudahkan pencuri beradaptasi dan menjalankan aksinya.

“Kemunculan teknologi menghidupkan mobil (telah) memberikan tingkat kenyamanan bagi konsumen dan pengendara, namun juga memberikan jalan bagi kelompok kejahatan terorganisir untuk mencuri kendaraan,” kata detektif polisi Ontario Scott Wade seperti dikutip. Saluran Berita Asia.

Kebanyakan kendaraan dicuri pada malam hari saat pemiliknya sedang tidur. Namun polisi kerap menemukan kasus perampokan saat mencuri.

Berdasarkan data, ribuan kendaraan telah dicuri dalam beberapa bulan terakhir. Pencurian terjadi di beberapa provinsi besar seperti Quebec dan Ontario.

Barang curian tersebut konon tersebar di berbagai tempat di dunia, seperti Afrika, Asia, Eropa, dan Timur Tengah. Namun hanya sedikit yang terdeteksi polisi.

Masalah pencurian juga berdampak pada jumlah kendaraan yang diproduksi di Montreal. Hal ini sering kali mengganggu rantai pasokan global.

Wade pun menduga ada jaringan kriminal di balik tindak pidana pencurian tersebut. Sebab, mereka kerap terlihat ‘memasok pasar luar negeri’.

Hingga saat ini, tingkat pencurian di Kanada masih menjadi perhatian masyarakat. Terutama mereka yang tinggal di wilayah Ontario, Quebec dan Montreal.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau kemudian berjanji untuk melarang penjualan dan penggunaan perangkat peretasan kunci untuk mengurangi tingkat pencurian mobil di Kanada.

Dia juga menekankan hukuman berat bagi pencuri mobil dan kaki tangannya yang mencoba membantu kejahatan tersebut.

(val/bac)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);