Berita Kapolri Beri Pembekalan Kabinet Prabowo soal Korupsi di Akmil Magelang

by


Jakarta, Pahami.id

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabu memberikan materi pelatihan terkait korupsi kepada seluruh jajaran Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (), Magelang, Jawa Tengah.

“Saya berkesempatan menyampaikan materi ‘Strategi Pemberantasan Korupsi dan Penanaman Budaya Anti Korupsi untuk Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045’,” kata Sigit dalam keterangannya, Jumat (25/10).


Dalam pengarahannya, Sigit menekankan sinergi dan kerja sama seluruh komponen negara sebagai kunci pemberantasan korupsi yang membahayakan masa depan negara.

Sigit menambahkan, lembaganya juga terus berkomitmen mengawal seluruh kebijakan pemerintah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk mencapai target pembangunan nasional.

Presiden RI menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerja sama tim yang siap menjalankan pemerintahan, ujarnya.

Prabowo diketahui mengumpulkan seluruh anggota kabinetnya untuk mendapat pelatihan khusus di Akademi Militer Magelang.

Alasannya menggunakan “cara militer” itu ia ungkapkan kepada para menteri Kabinet Merah Putih melalui pelatihan di Akademi Militer (Akmil) Magelang.

Prabowo ingin mengkoordinasikan kedisiplinan dan loyalitas para menteri kepada bangsa dan negara. Dia membantah ingin membentuk kabinet militer.

“Aku tidak bermaksud menjadikanmu tentara, salah, bukan itu. Cara militer ditiru oleh banyak pemerintahan, terutama perusahaan,” kata Prabowo dalam pidato di Akmil Magelang, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat.

Prabowo mengatakan intinya ‘cara militer‘ adalah disiplin. Selain itu, ia menekankan kesetiaan.

Disampaikannya kesetiaan yang dimaksud adalah kepada bangsa dan negara. Prabowo mengaku telah bersumpah membela bangsa dan negara. Dia ingin para menteri melakukan hal yang sama.

“Kesetiaan yang sejati, saya mohon jangan sampai setia pada Prabowo, setia pada bangsa dan negara Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Prabowo juga menegaskan fokus dan komitmen anggota Kabinet Merah Putih. Ia membahas tentang pengentasan kemiskinan, program Pangan Bergizi Gratis, pemberantasan korupsi, swasembada pangan, dan swasembada energi.

Prabowo memboyong seluruh anggota Kabinet Merah Putih ke Akademi Militer Magelang. Ia menyemangati para menteri dengan beberapa latihan, mulai dari senam pagi hingga pawai.

Selama pelatihan, para menteri tinggal di tenda. Mereka juga mengenakan seragam Komando Cadangan (Komcad) bergaris. Mereka dibangunkan pada pukul 04.00 WIB karena bunyi terompet.

(tfq/anak-anak)