Berita Kaesang Hingga Anak Puan Maharani Ikuti Kirab 1 Suro di Mangkunegaran

by


Solo, Pahami.id

Karnaval Peninggalan Malam Pertama Suro di Candi Mangkunegaran, Minggu (7/7) dihadiri sejumlah politisi nasional dan Pemerintah Kota Solo.

Turut hadir dalam karnaval tersebut Anggota DPR RI dari PDIP Aria Bima, Jenderal PSI dan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan istri Erina Gudono, putri Ketua DPR Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari, Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, dan Ketua DPC Gerindra Ardianto Kuswinarno.


Sebelum benda-benda pusaka dipindahkan dari bangunan induk Puro Mangkunegaran, sebagian lampu di Pendapa tempat duduk para tamu padam.

Keenam benda pusaka milik Candi Mangkunegaran itu diambil satu persatu oleh para petinggi keraton.

Karnaval pusaka ini diluncurkan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Bhre Cakrautomo Wira Sudjiwo. Memerankan tokoh Cuk Lampah, Pangeran Sulung KGPH Paundrakarna Sukmaputra Jiwanegara.

Tahun ini, pelaksanaan Karnaval Warisan Sore Suro ke-1 di Puro Mangkunegaran sedikit berbeda dari biasanya. Jalur karnaval yang biasanya hanya mengelilingi tembok Puro Mangkunegaran kali ini diperpanjang lagi melalui Jalan Slamet Riyadi.

Gusti Bhre, Mangkunegara Jalur ini dilakukan pada masa pemerintahan Mangkunegara IX.

“Jadi jalur ini dulunya dilakukan oleh almarhum Romo, Mangkunegara IX saat itu. Tapi jalurnya lebih sering di sekitar tembok Puro,” kata Bhre.

(ryd/fea)