Berita Kaesang Beri Dukungan ke Adik Eks Ajudan Jokowi Maju Pilkada Boyolali

by


Solo, Pahami.id

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat tugas kepada Agus Irawan untuk masuk Pilkada Kabupaten Boyolali. Surat tugas itu diserahkan saat Kaesang meresmikan Kantor baru DPD PSI Solo, Minggu (21/7).

Saya mengucapkan terima kasih kepada Mas Agus Irawan yang telah hadir untuk menerima surat tugas dari PSI menjadi calon Bupati Boyolali, kata putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu dalam sambutannya.

PSI sendiri tidak memiliki kursi legislatif di Kabupaten Boyolali. Meski demikian, Kaesang mematok target Agus meraih kemenangan di kota susu tersebut.


“Pak harus menang. Tidak ada istilah kalah. Walaupun kita kecil di sana, saya yakin yang kecil selalu menang,” kata Kaesang sebelum menyerahkan surat tugas kepada Agus.

Agus merupakan adik dari mantan asisten Presiden Joko Widodo saat masih menjabat Wali Kota Solo, Devid Agus Yunanto.

Meski tak lagi menjadi asisten, Devid tetap menjalin hubungan dekat dengan keluarga Jokowi. Devid kerap muncul dalam agenda politik yang dihadiri Jokowi dan Gibran pada Pilpres lalu.

Hingga saat ini, Agus masih berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Ia mengajukan cuti bukan negara (CLTN) sejak mendaftar sebagai calon Bupati Boyolali pada awal Juni lalu.

Wakil Ketua Umum yang juga Ketua Desk Pilkada PSI Andy Budiman mengaku pihaknya mendukung Agus karena dekat dengan keluarga Jokowi.

“Itu salah satu faktornya. Tapi kalau kita lihat Mas Agus nanti, kita sangat optimistis bisa menang di Boyolali,” kata Andy.

Namun, dia menegaskan kedekatan dengan Jokowi bukan satu-satunya alasan PSI mendukung Agus. Ia mengaku masyarakat Boyolali menginginkan perubahan suasana. Sejak Pilkada langsung pertama pada tahun 2004, kursi Bupati Boyolali tak pernah lepas dari tangan PDIP.

“Setelah 15 tahun memimpin sekarang, masyarakat menginginkan lompatan di Boyolali. Dan menurut saya Mas Agus adalah sosok yang paling cocok,” kata Andy.

Sementara itu, Agus mengaku mendapat dukungan dari Partai Gerindra, Golkar, dan PKB untuk Pilkada Boyolali. Ia optimistis dukungan PSI akan menambah perolehan suaranya di sana.

“Saya yakin dan yakin, dukungan Mas Kaesang akan sangat berdampak positif bagi Kabupaten Boyolali,” kata Agus.

(syd/anak)