Berita Jokowi Undang Mantan Presiden ke Upacara HUT RI di IKN

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo akan mengundang tamu-tamu penting nasional termasuk mantan presiden untuk menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Kepulauan Kalimantan Timur.

Semua diundang, semua diundang, semua diundang, ke IKN ya, kata Jokowi usai meninjau Posyandu Terpadu RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).

Jokowi juga menjelaskan alasan HUT RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi berbeda, yakni Istana Kepresidenan di IKN dan Jakarta.


Upacara digelar serentak di dua lokasi berbeda karena saat ini masih dalam masa transisi pemindahan ibu kota.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Nantinya, Presiden Jokowi dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan menghadiri upacara HUT RI di IKN. Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka menggelar upacara di Jakarta.

“Ini masa transisi, masa transisi dari Jakarta ke IKN Nusantara. Supaya terlihat perjalanan ke arah sana, maka di sini terus dilakukan, di sana terus dilakukan,” kata Jokowi.

Secara terpisah, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi membenarkan tokoh seperti Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan diundang dalam upacara tersebut.

“Ya, aku diundang [presiden terdahulu]. Prinsipnya mengundang tokoh-tokoh, terutama yang ada kaitannya dengan jasa-jasanya dalam mencapai kemerdekaan dan juga jasa-jasanya selama ini, kata Yudian.

(kr/bmw)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);