Berita Jokowi Terima Brevet Hiu Kencana TNI AL di Atas KRI dr Radjiman

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat Brevet Kehormatan Hiu KencanaSabtu (28/9). Brevet ini merupakan simbol kehormatan bagi satuan kapal selam TNI Angkatan Laut.

Brevet kehormatan diserahkan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Pemaparan brevet tersebut digelar di Markas Komando Maritim Militer (Kolinlamil) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Parade penyematan dilakukan di Kapal Republik Indonesia (KRI) Dr Radjiman Wedyodiningrat.


Jokowi mengenakan jaket dan topi berwarna hitam. Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto langsung menyematkan tanda kehormatan di dada kanan Jokowi.


Selain itu, pada kesempatan yang sama, Jokowi juga memberikan tanda kehormatan Samkaryanugraha kepada Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) TNI Angkatan Laut Kolonel Yulius.

Sejumlah menteri turut hadir dalam parade ini antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Brevet Hiu Kencana merupakan simbol kehormatan Satuan Kapal Selam TNI Angkatan Laut. Dikutip dari ‘Tradisi TNI Angkatan Laut’ yang diakses dari website TNI, penyematan Brevet Hiu Kencana bermula dari kegiatan rutin pengangkatan kapal selam kehormatan pada tahun 1959.

Lebih dari 200 pejabat negara telah menggelar Brevet yang sama, di antaranya Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, mantan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Ketua DPR Puan Maharani.

Baca berita selengkapnya Di Sini.

(del/sur)