Berita Jokowi Sudah Teken Dokumen Risma Mundur dari Mensos

by


Surabaya, Pahami.id

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan telah menandatangani surat pengunduran diri (berhenti Calon Gubernur Jawa Timur Tri Rismaharini (Risma) dari kursi Menteri Sosial.

“[Risma] Surat pengunduran diri sudah saya serahkan dan surat pengunduran diri sudah saya tandatangani, kata Jokowi saat berkunjung ke Pasar Soponyono, di Rungkut, Surabaya, Jumat (6/9).

Sehari sebelumnya, Risma bungkam saat ditanya apakah rencananya mundur dari jabatan Menteri Sosial (Mensos) RI menyusul pencalonannya di Pilgub Jatim 2024 sudah terlaksana atau belum.


Risma enggan berkomentar apa pun terkait hal tersebut. Hal itu terjadi saat ia bersama wakilnya Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans, usai ziarah ke makam Raden Rachmat atau Sunan Ampel di Surabaya, Kamis (5/9) sore.

“Nanti saja, oke?” Ucap Risma sambil terkekeh.

Saat ditanya kembali apakah pengunduran dirinya sebagai Menteri Sosial belum disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia mengaku belum mengetahuinya.

“Entahlah,” kata Risma berbisik.

Diketahui, Risma sebelumnya mengaku akan segera melepaskan jabatan Menteri Sosial RI menyusul pencalonannya pada Pilgub Jatim 2024.

“Mundur [dari Mensos]. “Besok insya Allah kalau saya bisa meminta waktu kepada Presiden untuk mengundurkan diri,” kata Risma di sela kunjungan ke makam Mbah Bungkul di Surabaya, Kamis (29/8).

Risma akan melakukan hal itu, meski menurutnya tidak ada ketentuan yang mengatur menteri harus mengundurkan diri meski ikut serta dalam pilkada. Risma kemudian menemui Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat (30/8). Namun saat itu pihak Istana menginformasikan Risma belum menyerahkan surat pengunduran diri.

Hingga saat ini Puan Risma belum menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Sosial, kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/8).

(frd/anak)