Berita Jokowi Segera Kirim Nama Capim KPK ke DPR: Tunggu Administrasi Setneg

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku akan segera menyerahkan nama-nama calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (Komisi Pemberantasan Korupsi) ke DPR dalam waktu dekat.

Jokowi mengatakan, saat ini dokumen tersebut masih diproses di Kementerian Sekretaris Negara sebelum diserahkan ke legislatif.

Tunggu administrasi dari SKK selesai. Kalau sudah selesai, bawa ke saya dan tandatangani, kata Jokowi usai mengikuti Nusantara TNI Fun Run 2024 di kawasan IKN, Kalimantan Timur, Minggu (6/10). ).


Sementara itu, Presiden Jokowi telah menerima nama-nama Ketua KPK dan calon orang dewasa yang lolos tahap wawancara dari panitia seleksi KPK.


Penyerahan nama tersebut dilakukan di Base Off Holding Room Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (1/10) atau sebelum Jokowi berangkat ke NTT untuk melakukan kunjungan kerja.

Total nama yang diajukan Panel KPK masing-masing berjumlah 10 nama untuk calon Ketua KPK dan calon orang dewasa. Nantinya, nama Capim akan diberikan ke DPR untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Sebelumnya, 10 nama calon pimpinan dan 10 calon anggota dewan pengawas periode 2024-2029 dinyatakan lolos dalam wawancara dan tes fisik yang berlangsung pada 17-20 September 2024.

Sepuluh calon pimpinan KPK yang lolos adalah Agus Joko Pramono, Ahmad Alamsyah Saragih, Djoko Poerwanto, Fitroh Rohcahyanto, Ibnu Basuki Widodo, Ida Budhiati, Johanis Tanak, Michael Rolandi Cesnanta Brata, Poengky Indarti, dan Setyo Budiyanto.

Sedangkan 10 calon dewasa yang lolos adalah Benny Jozua Mamoto, Chisca Mirawati, Elly Fariani, Gusrizal, Hamdi Hassyarbaini, Heru Kreshna Reza, Iskandar Mz, Mirwazi, Sumpeno, dan Wisnu Baroto.

(kr/pta)