Berita Jokowi Foto Bareng Seluruh ‘Penghuni’ Istana 10 Hari Jelang Lengser

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang seluruh karyawan, petugas kebersihan dan keamanan, serta pers di Istana Kepresidenan berfoto bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10).

Hari ini, tepat 10 hari sebelum Jokowi mengakhiri masa jabatannya pada 20 Oktober 2024.

“Hari ini termasuk teman-teman media, merupakan hari yang spesial menurut kami, Pak Yang di-pertua menyempatkan diri untuk berfoto bersama,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Casetpres) Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan pada Jakarta, Selasa (10/10).


Pemantauan CNNIndonesia.com, Setiap pegawai kementerian/lembaga yang berada di dalam Istana Kepresidenan mengenakan dress code yang berbeda-beda. Ada yang memakai kemeja putih, celana hitam, bahkan kain batik.


Foto grup diambil secara bergantian. Selama sesi foto bersama, seluruh tamu yang memasuki halaman Istana Merdeka dilarang membawa telepon genggam. Aturan yang sama juga berlaku bagi awak media.

Dalam kesempatan itu, Heru juga menyampaikan kesannya menjadi anak buah Jokowi sejak 2012. Secara pribadi, Heru mengaku banyak belajar dari Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh pejabat, petugas kebersihan, dan aparat keamanan Istana Kepresidenan serta awak media untuk berfoto bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Heru menekankan bagaimana Jokowi membantu Jakarta dan membangun infrastruktur secara besar-besaran di berbagai daerah di Indonesia. Ia pun mengaku terkesan dengan sikap Jokowi yang sering datang langsung menemui masyarakat.

“Saya punya kesan yang mendalam atas respon masyarakat, hubungannya dengan staf, dia dengan menteri, dan sebagainya,” kata Heru.

Jokowi resmi pensiun pada 20 Oktober 2024 setelah dua periode memimpin Indonesia. Posisi Jokowi akan digantikan oleh pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto, yang akan didampingi putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta.

(kr/tsa)