Berita Jokowi Bertemu Presiden Marcos Jr di Filipina, Apa Agendanya?

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr di Istana Malacanang, Manila, Rabu (10/1).

Kedatangan Jokowi disambut dengan upacara pertemuan resmi bilateral.


Usai disambut langsung oleh Presiden Marcos Jr, lagu kebangsaan kedua negara pun diperdengarkan. Setelahnya, kedua pimpinan melakukan pemeriksaan terhadap pengawal kehormatan.

Jokowi dan Marcos Jr kemudian menggelar tete-a-tete yang dilanjutkan dengan pertemuan bilateral kedua negara. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Marcos Jr atas sambutan hangatnya. dan menyampaikan pentingnya mengunjungi Filipina bagi Indonesia.

Kata Jokowi, tahun ini Indonesia dan Filipina merayakan 75 tahun hubungan diplomatik. Selain itu, Filipina juga merupakan mitra penting Indonesia.

[Gambas:Video CNN]

Dalam pertemuan ini, kedua negara juga saling bertukar nota kesepahaman atau MoU di bidang energi.

“Saya menyambut baik penandatanganan MoU Kerja Sama Sektor Energi dan berterima kasih kepada Filipina atas dukungannya terhadap Keketuaan Indonesia di ASEAN tahun lalu,” kata Jokowi.

Usai menyampaikan siaran pers bersama, Presiden Jokowi kemudian menghadiri jamuan makan siang resmi yang diadakan oleh Marcos Jr. Acara ini sekaligus mengakhiri rangkaian upacara penyambutan resmi.

Selain bertemu dengan Presiden Marcos Jr, Presiden Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Kopiko Philippines Corporation yang berlokasi di Kota Calamba. Jokowi akan mengunjungi pabrik salah satu pabrikan Indonesia.

Jokowi dan delegasi juga dijadwalkan kembali ke Kota Manila untuk mengunjungi pabrik W Hydrocolloids Inc. Usai sidak, Jokowi akan kembali ke hotel di Manila untuk bermalam dan melanjutkan aktivitas besok.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan resminya ke Filipina adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Milik Negara Erick Thohir, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Filipina Agus Widjojo.

(khr/bac)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);