Berita Jokowi Beri Pesan Radio ke Para Pilot Jet Tempur AU yang Kawal ke Solo

by


Jakarta, Pahami.id

Ada delapan pesawat tempur Angkatan Udara Indonesia menemani penerbangan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana, kembali ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10).

Jokowi kembali ke Solo setelah pensiun sebagai Presiden RI periode 2019-2024. Total, ia menjabat selama dua periode atau sepuluh tahun sebagai Presiden Republik Indonesia sejak tahun 2014.

Berdasarkan rekaman video yang diterima CNNIndonesia.com, Saat masih berada di angkasa dalam penerbangan kembali ke Solo, Jokowi juga mengirimkan pesan melalui radio kokpit kepada pilot jet tempur TNI AU yang mendampinginya.


“Saya Joko Widodo menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas segala dukungan dan dedikasinya. Saya yakin kedaulatan udara dan kedaulatan negara kita akan selalu terjaga berkat dedikasi dan perjuangan kalian semua. ,” kata Jokowi melalui sambungan radio ke perangkat yang terletak di kokpit pesawat yang ditumpanginya.

Untuk pulang ke Solo, Jokowi menaiki pesawat Boeing 737-800 NG milik TNI AU bernomor ekor A-7309.

Sekali lagi terima kasih, terima kasih, kata Jokowi kepada pilot pesawat tempur yang mengantarnya kembali ke Solo.

Terima kasih pak, salam dari kami, kata pemimpin tim jet tempur yang menemani kepulangan Jokowi ke Solo.

Sebelumnya, Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Ardi Syahri mengatakan ada delapan pesawat tempur yang menemani penerbangan Jokowi dan Iriana kembali ke Solo setelah pensiun. Kedelapan jet tempur tersebut terdiri dari tiga T50, empat F16, dan satu Sukhoi.

Pengawal kehormatan Presiden ke-7 RI Pak Jokowi kembali ke Solo dari Lanud Halim Perdanakusuma dengan diantar tiga pesawat T50, empat pesawat tempur F16, dan satu pesawat Sukhoi, kata Kepala Dinas Penerangan RI. TNI AU, Marsekal Pertama Ardi Syahri saat dihubungi, Minggu.

Sebelumnya, Jokowi didampingi Presiden kedelapan RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto, dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju menuju Pangkalan Udara Halim.

Jokowi menitipkan pesan untuk Prabowo. Ia mempercayakan impian dan harapan ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Prabowo.

Katanya, tidak semua cita-cita masyarakat bisa tercapai pada masa pemerintahannya.

Oleh karena itu, saya sampaikan kepada Presiden (Prabowo), mimpi dan harapan 280 juta rakyat Indonesia saya percayakan sepenuhnya kepada purnawirawan Jenderal Prabowo Subianto, kata Jokowi.

Sementara itu, Prabowo mendoakan yang terbaik untuk Jokowi usai lengser dari jabatannya.

“Dia selalu bilang kepada saya, dia mendoakan saya agar kuat menerima tanggung jawab yang besar,” kata Prabowo.

Kini Prabowo akan terus mencalonkan diri sebagai Presiden Indonesia hingga tahun 2029 dengan didampingi putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai Wakil Presiden RI.

(anak-anak)