Berita Jokowi Bawa Isu Palestina ke KTT ASEAN-Jepang, Dorong Perdamaian

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat masalah ini Palestina ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang di Tokyo. Forum tersebut mempertemukan para pemimpin negara Asia Tenggara dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Jokowi mengatakan ASEAN dan Jepang satu suara terkait perang di Gaza, Palestina. Mereka menuntut agar perdamaian segera terjalin di Palestina.


“Kami juga membahas situasi di Gaza dan pentingnya mendorong gencatan senjata permanen,” kata Jokowi dalam konferensi pers bersama Kishida di Tokyo, Minggu (17/12).

ASEAN dan Jepang mendesak untuk membuka akses bantuan ke Gaza. Mereka juga mendukung perdamaian di tanah Palestina.

“Dan akses bantuan kemanusiaan yang seluas-luasnya serta segera dimulainya proses perdamaian,” kata Jokowi.

Dalam keterangannya, Kishida tidak secara spesifik membahas Palestina. Ia hanya menegaskan Jepang telah sepakat dengan ASEAN untuk mendukung perdamaian.

“Ketika perpecahan dan konflik semakin mendalam di berbagai kawasan dan dunia menghadapi berbagai krisis, Jepang akan berdiri bersama ASEAN berdasarkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Kishida.

Serangan Israel ke Jalur Gaza, Palestina sudah berlangsung lebih dari dua bulan. Total korban diperkirakan mencapai 19 ribu orang.

Dewan Keamanan PBB belum menyepakati resolusi mengenai invasi Israel ke Gaza. Apalagi setelah Amerika Serikat menggunakan hak vetonya pada pertemuan Dewan Keamanan PBB, Jumat (8/12).

“Resolusi tersebut berbeda dengan kenyataan,” kata perwakilan AS di PBB Robert Wood, menolak resolusi mengenai Gaza, seperti diberitakan AFP.

“Itu tidak akan berdampak positif di lapangan,” imbuhnya.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);