Berita Jokowi Ajak Menteri Mampir ke Rumah di Solo Usai Lengser

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) selamat datang teman-teman menteriWakil Menteri dan Kepala Badan Kabinet Indonesia Maju singgah di kediamannya di Surakarta, Jawa Tengah usai pensiun pada 20 Oktober 2024.

Ajakan tersebut disampaikan Jokowi dalam acara makan siang di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10) yang dihadiri seluruh jajaran jajarannya periode 2019-2024.

Minggu malam saya akan kembali ke Solo. Kalau ada yang mau ke Jogja, 30 menit bisa melalui tol, kalau ada yang mau ke Solo, kata Jokowi dalam keterangan tertulisnya kepada Pers, Media, dan Informasi. Biro Sekretariat Presiden, Jumat (18/10).


“Kalau pakai tol, kalau ke Surabaya harus lewat Solo, silakan berhenti juga kalau mau mudik,” ujarnya lagi.

Jokowi kemudian mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota kabinet yang telah membantunya dalam pemerintahan. Ia juga berharap apa yang dilakukannya bersama para menteri saat ini dan mantan menteri dapat memberikan manfaat bagi negara.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas dukungan, dukungan, kerja keras untuk negara ini,” ujarnya.

Ia juga meminta maaf kepada seluruh jajarannya jika terdapat hal-hal yang kurang menyenangkan selama periode interaksi dan kerjasama tersebut.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan kabinet barunya yang akan segera menjabat.

Ia pun mengingatkan perjalanan mereka selama bertahun-tahun yang menurutnya telah melalui banyak momen penting dan berbagai dinamika.

“Kita lalui bersama-sama, banyak tantangan yang kita bahas, kita bahas, kita realisasikan dalam rapat kabinet, rapat terbatas, dan rapat internal,” kata Jokowi.

Setelah pidato singkat ini, makan siang pun dimulai. Sajian prasmanan disajikan dengan beragam menu khas Indonesia, mulai dari soto bangkong, acar, nasi liwet, daging domba bakar, pempek, hingga mie ayam.

Di meja utama, Presiden Jokowi duduk bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Di tengah acara, Jokowi menggeser meja mendekati menteri lainnya.

Jokowi hari ini memanggil seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju ke Istana. Ia mengajak para menteri makan siang bersama di hari kerja terakhir kabinet.

Sedangkan Jokowi akan resmi pensiun pada 20 Oktober 2024 setelah satu dekade memimpin Indonesia. Posisi Jokowi akan digantikan oleh pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto.

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan digelar di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

Mereka akan dilantik melalui Sidang Paripurna MPR. Ketua MPR Ahmad Muzani menjelaskan mekanisme pengangkatan Prabowo-Gibran tentunya masih menggunakan aturan lama.

(kr/pta)