Berita Joe Biden Ungkap Alasan Sempat Ogah Mundur dari Capres AS

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat Joe Biden membeberkan salah satu alasan dirinya tak mau mengundurkan diri Pemilihan Presiden AS 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 November.

Dalam wawancara bersama Berita CBSBiden mengatakan dia ingin tetap berkomitmen pada apa yang dia katakan kepada mendiang putranya, Beau Biden, yang meninggal karena kanker otak pada tahun 2015.


“Setiap kali saya mengambil keputusan yang sangat sulit, saya bertanya pada diri sendiri, ‘apa yang akan dilakukan Beau?’. Seharusnya dia yang duduk di sini untuk diwawancarai, bukan saya. Dia orang yang sangat baik,” kata Biden.

Biden mengaku Beau menepati komitmennya dan memintanya berjanji sebelum putranya meninggal. Beau, katanya, pernah mengingatkannya untuk tidak berhenti dalam ‘pertempuran’ meski dia menginginkannya.

“Dia berkata ‘berikan saya janjimu karena Biden’ akan tetap terlibat, berikan saya janjimu,’ dan saya melakukannya,” kata Biden.

Biden pun mengaku sebelumnya tidak berencana mencalonkan diri sebagai presiden setelah Trump terpilih pada 2016.

Namun kemudian terjadi demonstrasi kekerasan yang dilakukan oleh kelompok supremasi kulit putih di Charlottesville, Virginia, pada tahun 2017, yang menewaskan satu pengunjuk rasa.

Oleh karena itu, saat pertama kali terpilih pada tahun 2020, Biden menyebut dirinya sebagai sosok transisi dari kepresidenan Trump.

Kini, senada, Biden mengatakan alasan mundurnya dirinya dari Pilpres AS 2024 adalah untuk membela demokrasi dan mengalahkan mantan calon Presiden AS Donald Trump melalui Kamala Harris.

(jam/rds)