Berita Joe Biden Tak Dukung Israel Serang Situs Nuklir Iran

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menegaskan tidak mendukung serangan apa pun yang dilakukan Israel terhadap situs nuklir Iran.

Pernyataan tersebut disampaikan Biden usai Iran melancarkan serangkaian serangan rudal ke Israel pada Selasa (1/10).

“Jawabannya adalah, tidak,” kata Biden ketika ditanya apakah dia mendukung serangan Israel terhadap situs nuklir Iran, sebelum dia berangkat berkunjung ke North Carolina, seperti diberitakan Anatolia.


Dia mengatakan Israel mempunyai hak untuk menanggapi serangan Iran pada hari Selasa dan Israel harus siap untuk melakukannya secara proporsional.


Presiden AS mengatakan dia telah menghubungi para pemimpin G7 dan kelompok tersebut sedang menyusun pernyataan sebagai tanggapan atas serangan Iran ke wilayah Israel.

Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Biden dan para pemimpin G7 “mengutuk keras” serangan Iran.

“Presiden Biden menyatakan solidaritas dan dukungan penuh Amerika Serikat terhadap Israel dan rakyatnya, serta menegaskan kembali komitmen kuat Amerika Serikat terhadap keamanan Israel,” kata pernyataan itu.

Iran menembakkan lebih dari 180 rudal ke wilayah Israel pada hari Selasa, sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, dan komandan Garda Revolusi Iran baru-baru ini.

Israel sendiri Selasa malam berjanji akan menanggapi serangan itu pada waktu yang mereka pilih, dan menyebutnya sebagai eskalasi yang serius dan berbahaya.

(Wow)