Berita Israel Rilis Video Direktur RS Kamal Adwan Gaza yang Ditangkap

by


Jakarta, Pahami.id

Badan keamanan internal IsraelShin Bet merilis video berisi interogasi Direktur Rumah Sakit Kamal Adwan di Jalur Gaza PalestinaAhmed Al Kahlot yang ditahan sejak pekan lalu.

Dalam video tersebut, Al Kahlot mengakui bahwa para pemimpin politik Hamas menggunakan rumah sakitnya pada hari-hari awal perang antara Israel dan milisi.


Dalam video tersebut, Al Kahlot juga menyebut dirinya dan beberapa staf medis rumah sakit tersebut merupakan anggota sayap bersenjata Hamas, Brigade Al Qassam.

Belum jelas apakah pengakuan Al Kahlot itu sah atau ada unsur pemaksaan dari pihak Israel. Video interogasi direkam di sebuah ruangan kecil bercat putih dan berbendera Israel.

Juga tidak jelas apakah Al Kahlot berbicara dengan bebas tanpa tekanan dan ancaman, dan apakah dia memiliki akses terhadap pengacara sejak dia ditangkap oleh Israel pada 12 Desember.

CNN juga tidak bisa lagi berkomunikasi dengan Kahlot sejak dia ditangkap Israel.

Namun, berbicara kepada CNN Sebelum video interogasi dirilis, Kepala Pelayanan Anak RS Kamal Adwan, Dr Hossam Abu-Safia, dan Kepala Keperawatan, Eid Sabbah, mengatakan rumah sakit tersebut hanya memberikan layanan medis dan puluhan orang ditahan oleh Israel.

Abu-Safia dan Sabbah mengatakan tindakan tentara Israel yang mengepung rumah sakit dan “menculik” setiap pria di dalam gedung justru merugikan pasien yang masih membutuhkan perawatan.

Berbeda dengan kebanyakan rumah sakit di Gaza yang berada di bawah administrasi Kementerian Kesehatan, RS Kamal Adwan berada di bawah Direktorat Jenderal Pelayanan Medis Militer yang merupakan bagian dari Kementerian Dalam Negeri Gaza.

Hal ini juga diungkapkan dalam laman Facebook rumah sakit.

Israel terus menargetkan rumah sakit di Gaza dalam serangannya. Tel Aviv menuduh Hamas menyembunyikan infrastruktur militer seperti terowongan di bawah rumah sakit di Gaza.

Israel beberapa kali merilis video yang mengaku menunjukkan terowongan Hamas yang ditemukan di kompleks rumah sakit di Gaza.

Namun, Israel tidak pernah mengungkapkan bukti rinci mengenai hal ini, terutama apakah fasilitas tersebut benar-benar digunakan oleh Hamas untuk menjalankan perintah perang dan menyandera.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);