Berita Israel Kuasai RS Indonesia di Gaza, Diubah Jadi Markas Militer IDF

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Israel menguasai dan menggunakan Rumah Sakit Indonesia di Gaza sebagai markas militer di tengah invasi mereka Palestina.

Situasi tersebut diungkapkan Ketua Presidium organisasi relawan kemanusiaan Indonesia Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Sarbini Abdul Murad dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/12).


“Apa yang terjadi sekarang, sekitar dua minggu lalu, Israel mengerahkan tentaranya dan… [menjadikan] kantor [RS Indonesia]”, yang pernah mereka tuduh sebagai markas Hamas dan tidak ada orang Hamas di sana,” kata Sarbini.

Israel, lanjutnya, juga menjadikan rumah sakit Indonesia sebagai tameng. Sarbini kemudian mengecam tindakan tentara Zionis yang merebut RS Indonesia dan menggunakannya sebagai pangkalan militer untuk menyerang masyarakat Gaza.

Selain itu, ia meminta tentara Israel mematuhi hukum kemanusiaan internasional untuk tidak menyerang fasilitas medis.

[Gambas:Video CNN]

“Kami mengecam cara Israel yang menggunakan RS Indonesia sebagai markasnya,” kata Sarbini.

Sarbini kemudian menduga serangan Israel terhadap RS Al Nasser dan RS Kamal Adwan akan bernasib sama dengan RS Indonesia.

Sebelum RS Indonesia diduduki Israel, mereka menyerang fasilitas kesehatan tersebut. Tentara Zionis juga mengusir staf medis, pasien, dan warga yang mengungsi di rumah sakit Indonesia.

Beberapa hari sebelum serangan, Israel menuduh rumah sakit Indonesia sebagai tempat persembunyian dan markas Hamas. Namun direktur RS Indonesia di Gaza membantah tudingan Israel.

Israel terus menginvasi Palestina sejak 7 Oktober. Selama operasi, mereka menyerang orang dan fasilitas umum.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel tidak akan berhenti berperang sampai Hamas dihancurkan. Dia juga mengatakan bahwa ketika invasi selesai mereka akan menguasai Gaza.

(isa/bac)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);