Berita Israel Buka Suara soal Ledakan Pager Lebanon sampai Irak Kirim Senjata

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Ledakan ribuan pager misteri di beberapa daerah di Libanon pada Selasa (17/9) s.d Israel dituding sebagai dalang menjadi sorotan pemberitaan internasional pada Rabu (18/9).

Berikut sekilas berita internasional:


Kelompok milisi Irak, Kataib Hizbullah, menawarkan milisi dan senjata kepada Hizbullah Lebanon setelah ledakan ribuan pager.

Kelompok yang didukung Iran menawarkan ini untuk mendukung dan membantu Hizbullah.


“Kami mengerahkan seluruh kemampuan kami untuk membantu saudara-saudara kami di Lebanon. Kami sepenuhnya siap untuk berperang bersama mereka sampai akhir. Kami akan mengirimkan pejuang, peralatan, dan dukungan di tingkat teknis dan logistik,” kata Kataib Hezbollah dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Al Jazeera.

Menteri Pertahanan Israel angkat bicara setelah ledakan di Lebanon

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant angkat bicara setelah serangkaian ledakan dari perangkat komunikasi pager dan walkie-talkie Hizbullah meledak di beberapa wilayah Lebanon dalam dua hari terakhir.

Gallant merujuk pada “era baru” dalam perang negaranya. Dia mengatakan pusat gravitasi perang sedang bergerak ke utara.

“IDF membawa pencapaian yang luar biasa, bersama Shin Bet, bersama Mossad, semua lembaga dan semua kerangka dan hasilnya adalah hasil yang sangat mengesankan,” kata Gallant saat berkunjung ke pangkalan Angkatan Udara Ramat-David di Israel utara, Rabu (18/9), dikutip dari CNN.

Ribuan pager milik kelompok bersenjata Hizbullah meledak serentak di seluruh Lebanon pada Selasa (17/9) malam waktu setempat.

Menurut laporan dinas keamanan dan Kementerian Kesehatan Lebanon, sejauh ini sembilan orang tewas dan 2.750 lainnya luka-luka akibat kejadian misterius tersebut.

Korban tewas terdiri dari anggota milisi Hizbullah dan warga sipil, termasuk seorang gadis berusia 8 tahun dan putri anggota parlemen Hizbullah, Mohammad Mahdi Ammar.

Rentetan ledakan dimulai sekitar pukul 16.45 waktu setempat dan terjadi serentak di beberapa wilayah selama kurang lebih satu jam.

Bagaimana pager bisa meledak?

(rds)