Berita Israel Bebaskan 2 Sandera di Rafah, 67 Warga Palestina Tewas

by


Jakarta, Pahami.id

Israel membebaskan dua sandera yang ditahan oleh Hamas di Rafah, Senin (11/2). Namun, operasi penyelamatan tersebut menewaskan 67 warga Palestina.

Rafah adalah tempat sekitar 1 juta warga Palestina melarikan diri setelah berbulan-bulan agresi brutal Israel. Ini merupakan lokasi pengungsian terakhir setelah Israel menghancurkan seluruh kamp pengungsi.

Tentara Israel mengaku berhasil mengusir Fernando Simon Marman (60) dan Louis Hare (70). Mereka memiliki dua kewarganegaraan yaitu Israel dan Argentina. Keduanya merupakan bagian dari 250 orang yang ditangkap Hamas pada 7 Oktober 2022.


Juru bicara militer Israel mengatakan para sandera ditahan di lantai dua sebuah gedung, yang kemudian diledakkan dengan bahan peledak. Mereka mengaku terjadi baku tembak sengit dengan bangunan sekitar saat penggerebekan.

“Operasi ini sudah lama kami kerjakan,” kata Letkol Richard Hecht, dikutip Reuters, Selasa (12/2).

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan penyelamatan tersebut menunjukkan bahwa tekanan militer harus terus berlanjut. Dia juga mengabaikan kekhawatiran internasional mengenai rencana serangan darat di Rafah.

“Fernando dan Louis, selamat datang di rumah,” ucapnya sambil memberi hormat kepada tentara Israel.

“Hanya tekanan militer yang berkelanjutan, hingga kemenangan total, yang akan menghasilkan pembebasan semua sandera kami,” tambahnya.

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan 67 warga Palestina tewas dalam semalam. Jumlah ini mungkin bertambah seiring dengan berlanjutnya operasi penyelamatan.

Wartawan Reuters di lokasi kejadian melihat puing-puing besar di mana sejumlah bangunan, termasuk sebuah masjid, hancur. Israel mengatakan banyak warga Palestina yang tewas adalah militan. Klaim tersebut dibantah oleh pemerintah Palestina yang menyatakan 70 persen korbannya adalah warga sipil.

Selama lebih dari empat bulan, Israel menyerang Gaza, Palestina. Sebagian besar wilayah padat penduduk telah hancur. Sekitar 28.340 warga Palestina tewas dan 67.984 luka-luka, menurut pejabat kesehatan Gaza. Namun, jumlah korban tewas kemungkinan akan melebihi jumlah yang diumumkan karena diyakini masih banyak lagi korban yang terkubur di bawah reruntuhan.

(pta)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);