Berita Israel Bantah Ultimatum WHO Evakuasi Gudang Medis dari Gaza 24 Jam

by
Jakarta, Pahami.id

Israel menyangkal tuduhan Organisasi Kesehatan DuniaSIAPA) yang mengatakan Tel Aviv meminta organisasi tersebut untuk mengosongkan gudang di Gaza Selatan, Palestina.

“Sebenarnya kami belum meminta Anda untuk mengosongkan gudang tersebut dan kami juga sudah menjelaskan hal ini (dan secara tertulis) kepada perwakilan terkait PBB,” kata Kantor Koordinasi Israel di Wilayah Palestina (COGAT) dalam postingan di X.


Sebelumnya, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan organisasinya mendapat pesan dari tentara Israel untuk segera memindahkan pasokan dari dua gudang medisnya di Gaza selatan.

Gaza Selatan telah menjadi sasaran utama agresi Israel sejak gencatan senjata berakhir pekan lalu.

“Hari ini WHO menerima pesan dari tentara Israel (IDF) bahwa kami harus mengevakuasi pasokan dari gudang medis kami di Gaza selatan dalam waktu 24 jam, karena serangan darat akan segera terjadi,” kata Tedros di Twitter atau X pada Senin ( 4/12) waktu setempat.

Sebagai tanggapan, Tedros mendesak Israel untuk membatalkan perintah tersebut dan menjamin keselamatan warga sipil.

“Kami menyerukan #Israel untuk membatalkan perintah tersebut, dan mengambil semua tindakan yang mungkin untuk melindungi warga sipil dan infrastruktur publik, termasuk rumah sakit dan fasilitas kemanusiaan.”

Israel langsung kembali mengebom Jalur Gaza setelah gencatan senjata berakhir tanpa perpanjangan pada Jumat lalu. Israel dan Hamas saling menyalahkan atas kegagalan memperpanjang masa gencatan senjata.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan di Gaza mengungkapkan, jumlah kematian di wilayah tersebut terus meningkat hingga 15.899 orang sejak dimulainya invasi militer Israel pada 7 Oktober hingga Senin (4/12).

Dari angka itu, Ashraf Al-Qudra, juru bicara Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan, 70 persen korbannya adalah perempuan dan anak-anak. Jumlah korban luka pun terus bertambah hingga mencapai 42 ribu saat ini.

(rds)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);