Berita Israel Bangun Jalan Baru di Gaza untuk Kendalikan Palestina

by


Jakarta, Pahami.id

Israel membangun jalan yang membelah Gaza menjadi dua dan pembangunan telah tercapai Pantai Mediterania.

Jalan tersebut terungkap melalui pemindaian citra satelit dengan analisis CNN. Para pejabat Israel mengatakan jalan tersebut dibangun sebagai bagian dari rencana keamanan Israel untuk mengendalikan wilayah tersebut selama mungkin.

Sementara itu, citra satelit yang diambil pada 6 Maret menunjukkan jalan tersebut kini membentang dari kawasan perbatasan Gaza-Israel melintasi seluruh jalur sepanjang 6,5 kilometer yang memisahkan Gaza utara, termasuk Kota Gaza, dari daerah kantong selatan.


Analisis CNN mengungkapkan, cakupan jalan yang ada saat ini sekitar 2 kilometer. Sedangkan sisanya 4,5 kilometer merupakan jalan baru.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan kepada CNN bahwa mereka telah menggunakan rute tersebut untuk mendirikan pangkalan operasional di wilayah tersebut guna memfasilitasi pergerakan pasukan dan peralatan logistik.

Ketika ditanya mengenai pembangunannya, IDF mengatakan jalan tersebut sebenarnya sudah ada sebelum perang dan sedang direnovasi karena telah dirusak oleh kendaraan lapis baja.

Sebuah jalan yang sedang dibangun oleh IDF melintasi jalur selebar 6,5 kilometer yang dikenal sebagai “Koridor Netzarim”.

Dinamakan berdasarkan bekas pemukiman Israel di Netzarim di Gaza, “Koridor Netzarim” memotong salah satu dari dua jalan utama utara-selatan Gaza, Jalan Salaheddin, untuk menciptakan persimpangan pusat yang strategis.

Tampaknya juga terhubung dengan Jalan Al Rashid, yang membentang di sepanjang pantai.

Warga Palestina mengatakan kepada CNN bahwa mereka masih ingat apa yang disebut “Koridor Netzarim” yang ada sebelum tahun 2005. Saat itu, sebagian besar hanya dapat diakses oleh pemukim Israel.

Menteri Urusan Diaspora Israel Amichai Chikli mengatakan kepada CNN bahwa jalan baru tersebut akan memudahkan pasukan Israel untuk melancarkan serangan di utara Kota Gaza dan selatan, ke Jalur Gaza tengah.

Menurut dia, jalan ini akan digunakan setidaknya selama satu tahun dan terdiri dari tiga jalur. Jalur satu untuk tank berat dan kendaraan lapis baja, jalur kedua untuk kendaraan ringan, dan satu lagi untuk pergerakan lebih cepat.

Chikli tidak terlibat dalam kebijakan militer Israel. Namun, pada bulan Januari, Chikli, bersama dengan anggota parlemen Israel lainnya mengusulkan rencana untuk mengalahkan Hamas yang mencakup langkah-langkah untuk menguasai bagian-bagian strategis Jalur Gaza.

Di dalamnya, mereka mengatakan Koridor Netzarim akan digunakan “untuk memungkinkan pengoperasian infrastruktur bawah tanah Hamas dan kantong perlawanan di Jalur Gaza utara.”

“Penduduk Jalur Gaza tidak boleh diizinkan kembali ke utara setidaknya sampai semua infrastruktur bawah tanah hancur dan wilayah tersebut benar-benar tidak bisa bergerak,” kata mereka dalam usulan rencana eliminasi Hamas.

Sebelumnya, proposal yang diperoleh CNN pada 23 Februari mengungkap rencana Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu atas tindakan yang diambil pasca serangan Hamas.

Hal ini mencakup demiliterisasi menyeluruh di Jalur Gaza dan perombakan sistem keamanan, administrasi publik, dan pendidikan.

Warga Palestina yang tinggal di Gaza khawatir bahwa rencana keamanan Israel pascaperang akan semakin membatasi kebebasan bergerak mereka.

Ingat, selama pendudukan Israel sebelum tahun 2005, banyak pos pemeriksaan ditempatkan di antara desa-desa dan jalan pintas eksklusif, yang dibangun untuk menghubungkan pemukiman Israel satu sama lain dan dengan Israel.

(Mei/Agustus)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);