Berita Iran Curiga Israel Berencana Bunuh Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah

by


Jakarta, Pahami.id

Pemerintah Iran dikatakan telah memperingatkan kelompok tersebut Hizbullah di Lebanon, tentang rencana Israel membunuh para pemimpin Hizbullah, Hasan Nasrallah.

Menurut laporan di surat kabar Israel Yedioth Ahronoth, utusan Iran segera berangkat ke Beirut tak lama setelah komandan unit Nasr Hizbullah, Taleb Sami Abdullah, terbunuh di Lebanon selatan akibat serangan Israel.


Utusan Iran tersebut disebut-sebut bertemu dengan rekan dekat Nasrallah di ruangan tertutup, untuk menyampaikan “kekhawatiran Iran” yang dianut Hizbullah, bahwa Israel kini menargetkan pembunuhan Nasrallah.

Dilaporkan Pemantau Timur TengahHizbullah juga disebut-sebut sudah lama percaya bahwa Israel akan melenyapkan Nasrallah, meski ia telah memimpin gerakan tersebut selama 32 tahun.

Nasrallah adalah tokoh paling menonjol dalam kelompok proksi Iran. Nama calon penggantinya sering disebut-sebut, dan Israel diduga membocorkan informasi ini untuk menciptakan ketegangan di kalangan dalam kepemimpinan Hizbullah.

Media Yedioth Ahronoth sendiri memberitakan, badan intelijen Mossad Israel diduga mengetahui persis keberadaan Nasrallah, meski ia sudah pindah.

“Mantan pimpinan Mossad, Yossi Cohen, menyatakan bahwa Israel mengetahui secara pasti lokasi Sekretaris Jenderal Hizbullah, dan Israel dapat membunuhnya kapan saja,” demikian laporan media tersebut.

Berita ini juga muncul ketika ketegangan antara tentara Israel dan Hizbullah meningkat di perbatasan Lebanon. Israel bahkan disebut sudah menyiapkan rencana untuk meningkatkan serangannya ke Lebanon.

Menanggapi hal tersebut, Nasrallah mengancam akan mengincar Siprus jika Israel benar-benar menyerang Lebanon.

“Pemerintah Siprus harus diperingatkan bahwa membuka bandara dan pangkalan Siprus bagi musuh Israel untuk menargetkan Lebanon berarti pemerintah Siprus telah menjadi bagian dari perang dan kelompok oposisi (Hizbullah) akan menghadapinya sebagai bagian dari perang,” kata Nasrallah.

(DNA/DNA)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);