Berita Inovasi Digital Pelayanan ASN di Pemkab Pakpak Bharat

by


Jakarta, Pahami.id

Pemerintah Kabupaten Pakpak BharatSumut, berhasil menerapkan pengelolaan Perlengkapan Umum Negara (ASN).

Salah satu hasil usahanya adalah Penghargaan BKN sebagai Instansi Terbaik Kategori Penggunaan Terbaik Computer Assisted Testing (CAT) di Kantor Wilayah Badan Layanan Umum Negara (BKN) pada Juli 2024.

Sistem CAT BKPSDM merupakan alat yang handal untuk mengembangkan dan menguji efisiensi ASN di Lingkungan Kabupaten Pakpak Bharat.


Beberapa kali dilaksanakan antara lain seleksi pengadaan CPNS, Ujian Jabatan, Ujian Sertifikasi Barang dan Jasa, sertifikasi tenaga pengajar, evaluasi pejabat struktural dan pemanfaatan uji kompetensi lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi program dan kegiatan kerja serta memperkuat sinergi dan kerjasama dalam rangka percepatan pelayanan dan penguatan pengembangan manajemen personalia (ASN).

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat telah melakukan terobosan pelayanan kepegawaian berbasis digital agar pelayanan kepegawaian dapat terlaksana dengan baik dan terkoordinasi dengan BKN.

Guna mempercepat penyelesaian kesenjangan data ASN, BKPSDM Pakpak Bharat mengadakan rapat kerja untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di masing-masing OPD dan mencari solusi untuk mengatasi kesenjangan data pegawai tersebut.

Bupati Pakpak Bharat ingin terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), melalui peningkatan Indeks Profesionalisme ASN.

Terkait hal tersebut, BKPSDM siap membantu menyelesaikan permasalahan disparitas data pada seluruh OPD yang akan melakukan pemutakhiran administrasi pegawai ASNnya.

Diharapkan seluruh ASN lebih aktif dan peduli terhadap data kepegawaiannya masing-masing, sehingga nantinya tidak ada kendala dalam mengurus kenaikan pangkat hingga pensiun dan layanan kepegawaian lainnya.

Kabupaten Pakpak Bharat juga menjadi salah satu kandidat peraih penghargaan Pahami.id Award yang akan berlangsung pada Jumat (9/8) di Medan, Sumatera Utara.

Pahami.id Awards di Medan merupakan ajang penghargaan keempat. Sebelumnya Pahami.id Awards digelar di Makassar, Bali, dan Palembang.

(tim/fra)