Berita Indonesia Lama Dijajah Belanda, Tapi Kenapa Tidak Bisa Bahasanya?

by

Jakarta, Pahami.id

Indonesia tercatat pernah dijajah oleh enam negara. Negara-negara tersebut adalah Portugal, Perancis, Jepang, Belanda, bahasa SpanyolDan Bahasa inggris.

Namun dari keenam negara di atas, Belanda menjadi negara yang paling lama menjajah Indonesia. Dilaporkan CNNNegara yang dikenal dengan nama Tanah Pamah ini pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun.

Meski sudah lama dijajah Belanda, orang Indonesia jarang sekali bisa berbahasa Belanda. Padahal, lamanya Belanda menjajah Indonesia seharusnya membuat masyarakat Indonesia beradaptasi dengan bahasanya.


Lantas, mengapa orang Indonesia tidak bisa berbahasa Belanda padahal sudah lama dijajah?

Berikut alasan mengapa orang Indonesia tidak bisa berbahasa Belanda meski sudah lama dijajah negara tersebut.

Dilarang oleh penduduk asli

Ketika Belanda masih menjajah Indonesia, banyak sekali orang Belanda yang sehari-harinya menggunakan bahasa Belanda, terutama yang tinggal di ibu kota Batavia. Mereka menggunakan bahasa Belanda untuk berkomunikasi dengan rekan senegaranya dan orang Indonesia.

Namun banyaknya orang Belanda yang menggunakan bahasa ibu di Indonesia belum tentu merupakan penduduk asli yang terpapar bahasa Belanda. Sebab, seperti diberitakan Negara RendahPenduduk asli Indonesia sangat ketat dalam memegang bahasanya sendiri.

Saat itu, mereka melarang penggunaan bahasa Belanda. Mereka lebih memilih menggunakan bahasa Melayu dibandingkan bahasa Belanda. Sebab, saat itu masyarakat pribumi menganggap bahasa Melayu sebagai bahasa ibu mereka yang mempunyai akar yang kuat di Indonesia.

Bersambung di halaman berikutnya…