Berita Imam Tewas Ditembak Depan Masjid AS, Jaksa Sebut Bukan Terorisme

by


Jakarta, Pahami.id

A pendeta ditembak mati di luar masjid Newark dekat New York, Amerika Serikatpada Rabu (3/1).

Jaksa Agung New Jersey melaporkan, seorang imam bernama Hassan Sharif ditembak beberapa kali di depan Masjid Muhammad-Newark sekitar pukul 06.00 Rabu waktu salat subuh setempat.


Sharif dibawa ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong dan kemudian meninggal. Sharif menghembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Jaksa dengan cepat memutuskan bahwa kasus pembunuhan Sharif tidak ada kaitannya dengan “kekerasan yang bias atau dalam rumah tangga”.

“Kami belum mengetahui motif kejahatan ini (tetapi) bukti yang dikumpulkan sejauh ini tidak menunjukkan bahwa ini adalah tindakan yang dimotivasi oleh bias atau tindakan kekerasan dalam rumah tangga,” kata Jaksa Agung New Jersey Matt Platkin seperti dikutip. AFP.

“Berdasarkan peristiwa global dan meningkatnya bias yang dialami oleh banyak komunitas di seluruh negara bagian, khususnya komunitas Muslim, banyak warga New Jersey kini merasakan rasa takut yang semakin besar,” tambahnya.

Senada dengan Platkin, Jaksa Wilayah Essex Ted Stephens membenarkan bahwa Sharif ditembak lebih dari satu kali, dan “tampaknya pendeta itu tidak menjadi korban kejahatan yang bias atau terkait dengan terorisme.”

“Kami berdedikasi untuk memberikan keadilan bagi keluarga pendeta,” kata Stephens.

Stephens menyebut pembunuhan Sharif sebagai “kejahatan pengecut.”

Selain menjadi imam di Masjid Muhammad-Newark, Sharif juga bekerja sebagai petugas keamanan di Bandara Newark sejak tahun 2006.

Administrasi Keamanan Transportasi Amerika Serikat (TSA) menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Sharif.

“Kami sangat sedih mengetahui kematiannya dan menyampaikan belasungkawa kami kepada keluarga, teman, dan koleganya,” kata Lisa Farbstein, juru bicara TSA.

Sementara itu, polisi belum menangkap pelaku yang melarikan diri. Polisi Wilayah Essex bahkan menawarkan hadiah $25.000 bagi siapa saja yang dapat memberikan informasi tentang penembaknya.

New Jersey adalah rumah bagi setidaknya 300 ribu Muslim di Amerika. Sejak invasi Israel ke Palestina sebagai akibat perangnya dengan Hamas, serangan Islamofobia dan anti-Semit meningkat di seluruh Amerika Serikat.

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);