Berita Ibadah Haji Selesai, Momen Haru Pecah di antara Jemaah RI

by


Mekah, Pahami.id

Momen haru itu terjadi setelah jamaah haji istimewa Indonesia menyelesaikan seluruh kegiatan haji di Mina, Arab SaudiRabu (19/6).

Sesampainya di Mina pada Selasa (18/6) siang, jamaah haji khusus Tibi Tours kemudian melakukan ritual melempar jumrah Ula, Wustha, dan Aqabah masing-masing sebanyak tujuh kali.


Setelah bermalam di Mina, ibadah haji terakhir dilakukan jamaah pada Rabu malam dan diakhiri dengan proses nafar tsani yaitu proses meninggalkan Mina pada hari terakhir Tasyrik 13 Dzulhijjah.

Setelah 11 hari menunaikan ibadah haji di Mekkah, momen yang paling mengharukan adalah ketika seluruh ibadah haji selesai di Mina.

Jemaah haji Indonesia Puti Annisa Moeloek. (Pahami.id/Haryanto Tri)

“Yang pasti itu adalah pengalaman spiritual yang sulit digambarkan. Setiap umat Islam memimpikan menunaikan rukun Islam yang kelima, menunaikan ibadah haji. Ada yang menunggu lama, ada yang menunggu cepat, ada pula yang menunggu puluhan tahun. Sehingga itulah niat yang benar-benar ada dalam hati mereka.”

“Kemudian semuanya kita lakukan momen demi momen, dalam keadaan apapun, baik panas, capek, kurang tidur, tapi karena niat pada Allah, karena kita datang untuk menyucikan diri,” kata Puti Annisa Moeloek, jemaah haji istimewa. dari Jakarta.

Selama 11 hari di Mekkah, jamaah haji khusus yang menjalani ibadah haji Tamattu melaksanakan umroh, wukuf di Arafah, mabit di muzdalifah, tawaf ifadah dan kemudian diakhiri dengan penguburan dan rajam di mina.

Meski seluruh rangkaian ibadah penuh tantangan, terutama cuaca yang sangat panas, namun jemaah mampu melaksanakannya dengan baik.

“Kami jamaah haji alhamdulillah bisa melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan lancar. Alhamdulillah jamaah semua dalam keadaan sehat walafiat. Ya Tuhan,” kata Puti. Anna.

Berakhirnya ibadah haji membuat jamaah haji menyempurnakan rukun Islam yang kelima.

(membaca)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);