Berita Houthi Makin Terang-terangan Serang Kota Pelabuhan Israel Pakai Drone

by


Jakarta, Pahami.id

tentara Yaman, Houthidiklaim telah melancarkan serangan drone yang menyasar kota pelabuhan Israel Eilat, serta kapal niaga di Laut Merah.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan kelompok itu melakukan serangan pesawat tak berawak di Eilat dan “daerah lain di Palestina yang diduduki Israel”, seperti diberitakan Al Jazeera.


Sarea juga mengatakan kelompok itu menembakkan rudal ke kapal MSC United di Laut Merah, setelah kapal tersebut mengabaikan tiga panggilan peringatan.

Perusahaan pelayaran MSC Mediterranean membenarkan bahwa MSC United VIII, yang sedang melakukan perjalanan dari pelabuhan Raja Abdullah di Arab Saudi ke Karachi di Pakistan, mengalami serangan.

Perusahaan tersebut saat ini sedang menyelidiki dan melaporkan insiden tersebut kepada koalisi angkatan laut pimpinan AS di Laut Merah, yang dibentuk untuk “menyerang” kelompok Houthi.

Pernyataan tersebut juga terjadi beberapa jam setelah Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UMKTO) juga menerima laporan adanya insiden yang melibatkan kapal di lepas pantai Yaman yang terkena serangan drone.

UMKTO melaporkan, kejadian itu terjadi pada Selasa (26/12), sekitar 111 kilometer di luar pelabuhan Hodeidah Yaman.

“Sebuah kapal pelayaran komersial diserang oleh dua drone bunuh diri,” kata reporter Al Jazeera Resul Serdar, melaporkan dari Djibouti di seberang laut Yaman.

Insiden drone tersebut terjadi di tengah tingginya ketegangan di Laut Merah, pasca Houthi menargetkan kapal-kapal di jalur perdagangan Laut Merah, sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina di tengah agresi Israel.

Amerika Serikat sebelumnya mengatakan Houthi telah melancarkan lebih dari 100 serangan drone dan rudal, menargetkan 10 kapal komersial yang memiliki hubungan dengan puluhan negara.

Setelah serangkaian insiden, AS baru-baru ini mengumumkan koalisi keamanan untuk melindungi jalur pelayaran komersial dari serangan Houthi dan melakukan patroli rutin.

(Dna)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);