Berita Houthi Buka Suara Tanggapi Koalisi 10 Negara Bentukan AS di Laut Merah

by


Jakarta, Pahami.id

tentara di Yaman, Houthisuara terbuka selesai Amerika Serikat mengumumkan akan melakukan latihan militer di arena yang baru-baru ini memanas, Laut Merah.

Pejabat Houthi Mohammed Abdulsalam mengatakan aliansi yang dibentuk AS tidak akan mempengaruhi sikap kelompok tersebut terhadap serangan. Israel di Jalur Gaza.


“[Misi patroli angkatan laut internasional yang dimaksudkan untuk melindungi jalur pelayaran Laut Merah] pada dasarnya itu tidak perlu,” kata Abdulsalam seperti dikutip Al JazeeraSelasa (19/12).

Abdulsalam menilai seluruh perairan di dekat Yaman masih aman, kecuali kapal-kapal terkait Israel yang melakukan perjalanan ke negara Zionis tersebut.

Komentar Abdulsalam tersebut merupakan tanggapan terhadap langkah baru AS yang membentuk koalisi 10 negara untuk melawan serangan rudal dan drone Houthi.

Koalisi 10 negara yang tergabung dalam “Inisiatif Keamanan Berganda” ini antara lain AS, Inggris, Bahrain, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Seychelles, dan Spanyol.

“Negara-negara yang ingin mempertahankan prinsip dasar kebebasan navigasi harus bersatu untuk mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh aktor-aktor non-negara ini,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin seperti dikutip. AFP.

Houthi melancarkan serangan terhadap puluhan kapal komersial yang diyakini terkait dengan Israel dan kapal-kapal yang menuju pelabuhan negara tersebut setelah tentara Zionis menyerang Palestina.

Serangan Houthi telah mempengaruhi jalur perdagangan maritim utama di Laut Merah.

Baru-baru ini, sebuah kapal Norwegia diserang oleh benda tak dikenal di Laut Merah. Serangan ini hanya menimbulkan kerusakan kecil dan tidak ada korban jiwa.

(isa/bac)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);