Berita Hizbullah Serang Pasukan Israel di Desa Perbatasan Lebanon

by


Jakarta, Pahami.id

Hizbullah mengatakan dia telah menembaki tentara tersebut Israel yang dekat dengan bangunan desa perbatasan Libanon selatan. Lokasi tersebut, menurut media pemerintah, dikatakan sebagai tempat Hizbullah memerangi tentara yang meledakkan rumah.

Hizbullah mengungkapkan bahwa mereka melancarkan “serangan roket terhadap pasukan Israel di dekat kota Aita al-Shaab.”


Sebelumnya, Kantor Berita Nasional resmi Lebanon menyebutkan pasukan Israel meledakkan sebuah rumah di Aita al-Shaab. Mereka juga melaporkan pertempuran antara Israel dan Hizbullah di wilayah tersebut.

“Tentara musuh meledakkan sebuah rumah di desa Aita al-Shaab,” kata NNA, melaporkan pertempuran sengit antara Hizbullah dan pasukan Israel “yang mencoba untuk maju” di daerah tersebut.

Penyiar Al Jazeera, seperti dilansir AFP, menayangkan rekaman tank Israel di pinggiran desa.

Pada hari Senin, Hizbullah mengatakan pihaknya berulang kali menargetkan pasukan Israel di desa-desa perbatasan selatan Lebanon selama beberapa jam, termasuk Markaba dan Kfar Kila, lebih dari 20 kilometer (12 mil) dari Aita al-Shaab.

[Gambas:Video CNN]

Hal ini menyusul serangan pasukan militer Israel terhadap situs keuangan yang terkait dengan milisi Hizbullah di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Minggu (20/10) sore.

Kantor berita Lebanon, NNA, melaporkan serangan udara Israel menghantam lembaga keuangan Al-Qard Al-Hassan yang memiliki puluhan cabang yang tersebar di Lebanon. Setidaknya tiga cabang lembaga ini dilaporkan diserang oleh Negara Zionis.

Menurut NNA, serangan tersebut menghantam cabang Al-Qard Al-Hassan di daerah Hay Al-Sellom, Burj Al-Barajneh, dan Ghobeiry di pinggiran selatan Beirut.

NNA juga melaporkan, gedung-gedung di sekitar institusi tersebut saat ini sedang dievakuasi.

Pada tanggal 23 September, Israel meningkatkan serangan udara terhadap sasaran di Lebanon dan mengirimkan pasukan darat setelah hampir satu tahun pertukaran lintas batas yang relatif terbatas dengan Hizbullah.

Hizbullah mengatakan mereka bertindak untuk mendukung militan Palestina Hamas yang memerangi Israel di Gaza.

Sejak itu, perang di Lebanon telah menewaskan sedikitnya 1.489 orang, menurut penghitungan AFP dari angka kementerian kesehatan Lebanon, meskipun jumlah sebenarnya mungkin lebih tinggi.

(AFP/Kris)